KEEFEKTIFAN PROBLEM POSING DAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGANTAR PROBABILITAS PADA MAHASISWA SEMESTER 1

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Pendidikan MAtematika : KEEFEKTIFAN PROBLEM POSING DAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGANTAR PROBABILITAS PADA MAHASISWA SEMESTER 1

Mohamad Hardjoko, 2005. Skripsi Jurusan Pendidikan MAtematika, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Semarang.

Pendidikan merupakan sebuah proses dan sekaligus tujuan, yang berartibahwa pendidikan merupakan interaksi manusia dalam upaya menyiapkan subyekdidik dan upaya peningkatan kualitas pendidikan yang berlangsung seumur hidup.Asosiasi guru matematika di Amerika Serikat (NTCM) merekomendasikan bahwasebagai inti dari matematika, dengan “problem posing” memberikan kesempatankepada siswa untuk mengalami membuat soal sendiri.

Penelitian Amin Suyitno (2000) menunjukkan adanya keberhasilanpembelajaran problem posing pada siswa SLTP. Berdasarkan hal tersebut, penelitimencoba melakukan penelitian tentang kefektifan problem posing dan tugasterstruktur pada mahasiswa semester 1 D3 Statistika Terapan dan KomputasiUniversitas Negeri Semarang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa pembelajaranpada mata kuliah pengantar probabilitas pada Mahasiswa Semester 1 D3 StatistikaTerapan dan Komputasi Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang lebihefektif apabila menggunakan problem posing dan tugas terstruktur.

Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester 1 D3Statistika Terapan dan Komputasi Jurusan Matematika Universitas NegeriSemarang Tahun Akademik 2002/2003. Pemilihan sampel dilakukan denganmenggunakan teknik random sampling dan terpilih 2 kelas masing-masing kelas1C sebagai kelompok eksperimen dan kelas 1A sebagai kelompok kontrol.Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa pada pembelajaranMata Kuliah Pengantar Probabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah metode tes.

Setelah kedua kelompok diberi perlakuan, data hasil tes dianalisisdengan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilaithitung = 8,0398 > 1,997 = ttabel . Hal ini berati bahwa hasil belajar mahasiswayang diajarkan dengan menggunakan problem posing dan tugas terstruktur padakelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebutdisarankan pengajaran materi pengantar probabilitas hendaknya dipertimbangkanmenggunakan problem posing dan ditindak lanjuti pemberian tugas terstrukturuntuk materi yang diajarkan berikutnya.

Download

KEEFEKTIFAN PROBLEM POSING DAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGANTAR PROBABILITAS PADA MAHASISWA SEMESTER 1, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets