KEEFEKTIFAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH(TPR) DENGAN COOPERATIFE LEARNING DIBANDING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI SMP N 2 PREMBUN KELAS VII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2005/2006.

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan matematika: KEEFEKTIFAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH(TPR) DENGAN COOPERATIFE LEARNING DIBANDING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI SMP N 2 PREMBUN KELAS VII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2005/2006.

Eka Ernawati. 2006. Skripsi matematika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Dalam kegiatan pembelajaran matematika guru hendaknya memilih danmenggunakan strategi pembelajaran yang cocok untuk mencapai indikatorpembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan metodecooperative learning. Sekolah bisa merupakan tempat untuk menanamkan sikapcooperative dan mengajarkan cara bekerjasama, karena sekolah memegangperanan dalam pembentukan anak didik. Metode cooperative learning untukmenanamkan unsur saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan,tatap muka, komunikasi antar anggota dan evaluasi proses kelompok. Metodecooperative learning merupakan model pembelajaran yang membagi siswa kedalam kelompok-kelompok heterogen dan antar kelompok mempunyaikemampuan seimbang. Cooperative learning dapat menjembatani komunikasi tigaarah didalam latihan soal, salah satunya siswa diberikan tugas pekerjaanrumah(TPR). TPR berfungsi untuk pelacakan kesalahan dan penguasaan konsep.Permasalahan dalam penelitian ini adalah lebih efektif manakah antaratugas pekerjaan rumah(TPR) dengan cooperative learning dibanding tugaspekerjaan rumah dengan metode konvesional dalam meningkatkan hasil belajarpada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan tugas pekerjaan rumah(TPR) dengan cooperative learning dibanding dengan TPR dengan metodekonvensional terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan persamaan danpertidaksamaan linear satu variabel pada SMP N 2 Prembun kelas VII semester Itahun ajaran 2005/2006.

Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VII semester I SMPNegeri 2 Prembun tahun ajaran 2005/2006. Dengan menggunakan randomsampling diperoleh dua kelas sampel, sebagai kelas eksperimen VII A dan sebagaikelas kontrol VII B. Dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi danmetode tes untuk memperoleh data. Selanjutnya sebagai analisis tahap awal datayang diperoleh dari nilai mid semester. Pada akhir pembelajaran kedua sampel inidiberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diujivaliditas, reliabilitas dan daya pembeda.

Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data tes hasil belajarkedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal danhomogen, sehingga untuk pegujian hipotesis dapat diuji dengan uji t. Dari hasilperhitungan pada lampiran 32, diperoleh thitung = 2,731. Sedangkan ttabel = 1,67..Oleh karena itu thitung > ttabel maka H0 ditolak dan hipotesis diterima. Jadi rata-ratahasil evaluasi pembelajaran pada kelompok eksperimen lebih baik daripadakelompok kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan hasilbelajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hal iniberarti penggunaan tugas pekerjaan rumah dengan cooperative learning lebihefektif dalam meningkatkan hasil belajar dibanding tugas pekerjaan rumah denganmetode konvesional. Sehingga metode cooperative learning untuk tugas pekerjaanrumah dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Download

KEEFEKTIFAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH(TPR) DENGAN COOPERATIFE LEARNING DIBANDING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI SMP N 2 PREMBUN KELAS VII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2005/2006., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets