KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (112 votes cast)

Skripsi Matematika : KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA

FULLU AZKA, 2005. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Matematika yang bersifat deduktif aksiomatik dan berangkat dari hal-hal yangabstrak, cenderung sulit diterima dan dipahami oleh siswa sehingga mengakibatkandaya tarik siswa terhadap pelajaran matematika cukup rendah. Oleh karena itu penyajianmateri perlu mendapat perhatian guru, dan hendaknya dalam pembelajaran di sekolahguru memilih dan menggunakan strategi pendekatan, metode dan teknik yang banyakmelibatkan siswa aktif dalam belajar, baik mental, fisik, maupun sosial. Salah satualternatif pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya adalah pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif. Ada beberapa tipe dalam modelpembelajaran kooperatif diantaranya tipe STAD dan tipe JIGSAW II. Dari hal tersebutmuncul permasalahan manakah yang lebih efektif antara pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II, ataukah pembelajarankonvensional pada siswa kelas II semester 1 SMPN 10 Semarang tahun pelajaran 2004/2005 pada pokok bahasan teorema Pythagoras.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasilbelajar matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras antara siswa yang dikenaimodel pembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe JIGSAW II, dan siswa yang dikenaiembelajaran konvensional.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMP N 10 Semarang TahunPelajaran 2004/ 2005, dengan jumlah siswa 230 orang. Sampel penelitian ini diambildengan teknik random sampling sejumlah 115 siswa yang terbagi dalam dua kelaseksperimen yaitu kelas II-D yang dikenai pembelajaran dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II dan kelas II-E yang dikenai pembelajarandengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan satu kelaskontrol yaitu kelas II-F yang dikenai pembelajaran konvensional. Kemudian ditentukanpula satu kelas Ujicoba yaitu kelas II-C. Variabel bebas dalam penelitian ini adalahpembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II,odel pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan konvensional. Sedangkan variabelterikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang dikenai modelpembelajaran kooperatif tipe STAD, tipe JIGSAW II dan siswa yang dikenaipembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan terdiridari uji pendahuluan dan uji tahap akhir. Uji pendahuluan meliputi uji homogenitas danuji normalitas, sedangkan uji tahap akhir meliputi analisis varians dan uji RankBerganda Duncan.

Data awal dalam penelitian ini diperoleh dari nilai ulangan harian siswa padapokok bahasan kuadrat dan akar kuadrat. Dari data tersebut diperoleh bahwa sampelberasal dari populasi yang normal dan homogen. Setelah dua kelas eksperimen dan satukelas kontrol diberi perlakuan yang berbeda, ketiga kelas tersebut diberikan tes hasilbelajar pokok bahasan teorema Pythagoras. Dari tes hasil belajar tersebut diperoleh nilairata-rata kelas II-D=5,007; nilai rata-rata kelas II-E=5,2053; dan nilai rata-rata kelas IIF=4,338. Dari Analisis Varians diperoleh Fhitung=5,28973 dan Ftabel=3,08 berartFhitung>Ftabel. Jadi Ho ditolak, dengan kata lain ada perbedaan yang signifikan hasilbelajar matematika pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas II SMPN 10Semarang Tahun Pelajaran 2004/ 2005 antara siswa yang dikenai model pembelajarankooperatif tipe JIGSAW II, tipe STAD, dan siswa yang dikenai pembelajarankonvensional. Dari uji rank Berganda Duncan diperoleh hasil belajar siswa yang dikenaimodel pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW II lebih baik daripada hasil belajar siswayang dikenai pembelajaran konvensional dan hasil belajar siswa yang dikenai modelpembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada hasil belajar siswa yang dikenaipembelajaran konvensional, sedangkan siswa yang dikenai model pembelajarankooperatif tipe JIGSAW II maupun tipe STAD mempunyai hasil belajar yang tidakberbeda secara signifikan.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberipengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW IImaupun tipe STAD mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada hasil belajarsiswa yang dikenai pembelajaran konvensional. Untuk itu perlu diadakan suatupengenalan model pembelajaran kooperatif lebih lanjut agar model pembelajarankooperatif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasanyang lain.

Download

KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA, 4.7 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets