KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG

This item was filled under [ bahasa dan seni, sendratasik ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan seni tari: KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG

GALIH M.S.R.2007. Skripsi pendidikan seni tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Pendidikan Taman Kanak-kanak pada hakekatnya adalah tempat anak-anak bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Pada kegiatan pembelajaran diTK sebaiknya dalam memberikan materi pelajaran khususnya seni tari harus tepat dalam menggunakan metode dan cara penyampaian materi. Dari hal tersebut permasalahan yang muncul adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan anak dalam menari dengan menggunakan 3 metode dalam pembelajaran seni tari di TK Islam AL-Madina Semarang dan faktor apa saja yang menghambat dan mendukun. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil belajar yang baik dengan memadukan 3 metode dalam pembelajaran seni tari agar efektif dan efisien guna meningkatkan minat dan kemampuan anak dalam belajar menari serta untuk mengetahui faktor apa yang saja yang menghambat dan mendukung. Manfaatnya anak dapat mengikuti dan menerima pelajaran dengan cepat dengan menirukan gerak, menghafal gerak, gerak yang berirama dan merasakan gerak, meningkatkan kemampuan, daya kreatifitas dan kemandirian.

Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 (Nuh) TK Islam AL-Madina Semarang. Objek penelitian ini adalah perilaku anak, materi, guru dan metode pembelajaran tari yang efektif dan efisien untuk anak TK.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Researh) dengan pendekatan diskriptif prosentase. Pelaksanaan tindakan melalui 3 putaran pelaksanaan tindakan setiap putaran melalui tahap-tahap: (1) Perencanaan, (2) Implementasi tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Alat dan teknik pencatatan data pada penelitian ini adalah (1) Catatan harian, (2) Wawancara, (3) foto, (4) penampilan subjek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskkiptif prosentase.
Hasil penelitian ini adalah (1) Metode pembelajaran seni tari pada TK melalui langkah-langkah pemberian materi, penggunaan 3 metode dapat meningkatkan kemampuan anak terbukti dengan hasil tes praktek akhir menunjukkan nilai rata-rata kelas yang baik yaitu 78,97 dan dapat meningkatkan aspek wiraga, wirama, wirasa dan hafalan, (2) Dengan menggunakan metode Meniru (imam,ngede), SAS dan Demonstrasi Eksperimen secara berurutan dan bergantian sesuai dengan kondisi dan sitiasi anak dapat meningkatkan kemampuan, disiplin, ketermpilan, kesabaran, keberanian dan rasa percaya diri, (3) Faktor keluarga, sekolah dan masyarakat juga bisa mempengaruhi kemampuan dan minat anak dalam belajar menari.

Download

KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets