Kemampuan Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami dan Menggunakan Paronim dalam Kalimat Bahasa Prancis

This item was filled under [ bahasa perancis ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (19 votes cast)

skripsi jurusan Bahasa Perancis: Kemampuan Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami dan Menggunakan Paronim dalam Kalimat Bahasa Prancis

Astuti, Triana Mardi. 2009. Skripsi Jurusan Bahasa Perancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Bahasa Prancis adalah bahasa yang mempunyai struktur atau kaidah yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Ada beberapa vokal dan konsonan bahasa Prancis yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Perbedaan tersebut biasanya menyebabkan kesulitan dalam mempelajari, memahami, dan menguasai bahasa Prancis. Hal itu pula yang menyebabkan pembelajar bahasa Prancis mengalami kesulitan dalam menuliskan atau melafalkannya. Contoh dalam bahasa Prancis: le magasin ‘toko’ dan le magazine ‘majalah’, le poisson ‘ikan’ dan le poison ‘racun’, dsb. Kemiripan itu disebut dengan paronim, yaitu kata-kata yang mirip bentuknya, ejaan, cara pelafalan, namun maknanya berbeda. Kemiripan tersebut bisa menyebabkan kebingungan dalam penggunaannya. Kekeliruan dalam pemahaman dan penggunaan kata berparonimi akan membuat kesalahpahaman pembaca/pendengar. Maka perlu diketahui kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menggunakan paronim dalam kalimat bahasa Prancis pada mahasiswa Semester III tahun ajaran 2008/2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dan kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam memahami dan mengggunakan paronim dalam kalimat bahasa Prancis.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan bahasa Prancis tahun ajaran 2008/2009 yang telah lulus Mata Kuliah StructureII, Lire II, dan Écrire II sejumlah 21 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah mahasiswa, sedangkan metode tes digunakan untuk mendapatkan data mengenai kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menggunakan paronim dalam kalimat bahasa Prancis. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan teknik pengulangan tes (test-retest), hasilnya dikorelasikan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis kritis.
Kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menggunakan paronim dalam kalimat bahasa Prancis pada mahasiswa Semester III tahun ajaran 2008/2009 termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-ratanya mencapai 72,5. Namun, nilai rata-rata pemahaman paronim bahasa Prancis lebih tinggi daripada penggunaan paronim dalam kalimat bahasa Prancis. Berdasarkan hal tersebut, rata-rata responden dalam penelitian ini mampu memahami kosakata berparonim bahasa Prancis tetapi mereka tidak dapat menggunakannya dengan benar dalam menyusun kalimat.

Download

Kemampuan Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami dan Menggunakan Paronim dalam Kalimat Bahasa Prancis, 4.9 out of 5 based on 19 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets