Kemandirian Belajar Akuntansi dalam Implementasi Kurikulum 2004 pada Siswa Kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan ekonomi: Kemandirian Belajar Akuntansi dalam Implementasi Kurikulum 2004 pada Siswa Kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo

Esti Indriani. 2006. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Salah satu bentuk nyata upaya Departemen Pendidikan Nasional untuk mewujudkan masyarakat berkualitas adalah dengan mengganti kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004. Dalam implementasi Kurikulum 2004 ini peranan siswa dalam proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan belajarnya. Oleh karena itu siswa harus lebih kreatif dan memiliki kemandirian belajar yang tinggi.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemandirian belajar Akuntansi dalam implementasi kurikulum 2004 pada siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar Akuntansi dalam implementasi kurikulum 2004 pada siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Ajaran 2005/2006 yang berjumlah 89 orang siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 89, maka semua populasi sekaligus dijadikan sebagai sampel, sehingga penelitiannya disebut penelitian populasi. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kemandirian belajar Akuntansi siswa dalam implementasi kurikulum 2004 yang dipengaruhi oleh faktor dari diri siswa yang menjadi indikator kemandirian belajar dan faktor dari luar diri siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) dokumentasi, (2) angket atau kuesioner, dan (3) wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan Analisis Deskriptif Persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar Akuntansi siswa sebesar 66,60%. Hasil ini menggambarkan bahwa siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo mempunyai tingkat kemandirian belajar Akuntansi dalam kategori sedang. Berdasarkan persentase ketercapaian indikator kemandirian belajar diketahui ada satu indikator yang masih mencapai kategori rendah yaitu hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya. Adapun analisis hasil faktor yang menyebabkan rata-rata kemandirian belajar Akuntansi sedang adalah faktor dari luar diri siswa yang terdiri dari lingkungan keluarga dan dukungan lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kemandirian belajar Akuntansi dalam implementasi kurikulum 2004 pada siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Ajaran 2005/2006 masih perlu ditingkatkan lagi melalui peran aktif dari berbagai pihak seperti lingkungan keluarga dan dukungan lingkungan sekolah. Selain itu hendaknya siswa lebih meningkatkan kepemilikan hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya dengan cara meningkatkan pemanfaatan media dan sumber belajar Akuntansi 7secara mandiri serta meningkatkan motivasi untuk bersaing dalam mendapatkan hasil terbaik sebagai arena persaingan yang sehat.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik bagi siswa, orang tua, guru, maupun pihak sekolah. Bagi siswa, hendaknya siswa lebih meningkatkan kepemilikan hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirnya, bagi orang tua, hendaknya selalu memberikan perhatian terhadap belajar anak dirumah serta selalu menanamkan sikap mandiri terutama didalam belajar Akuntansi, bagi guru khususnya guru Akuntansi harus berperan aktif meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Akuntansi serta mampu menciptakan suasana persaingan belajar yang sehat, bagi pihak sekolah agar lebih meningkatkan penyediaan fasilitas dan media yang cukup memadai khususnya fasilitas dan media untuk mata pelajaran Akuntansi.

Download

Kemandirian Belajar Akuntansi dalam Implementasi Kurikulum 2004 pada Siswa Kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets