Kendali PLC dengan Algoritma PID Adaptif Berbasis Logika Fuzi sebagai Pengendali Aras Air

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.6/5 (126 votes cast)

judul skripsi : Kendali PLC dengan Algoritma PID Adaptif Berbasis Logika Fuzi sebagai Pengendali Aras Air


oleh :
Albertus Agung Femin Himawan
02/158933/ET/02822
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA

Perkembangan sistem pengendalian pada dunia industri instrumentasi dan kendali sekarang ini sudah berkembang begitu pesat. Pengendalian yang sebelumnya masih menggunakan sistem analog sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke sistem digital. Dengan kemajuan teknologi digital yang begitu pesat pengendalian dengan sistem digital memiliki banyak keuntungan. Paket paket yang banyak digunakan di industri saat ini antara lain PLC, DCS, dan lain lain.
PLC (Programmable Logic Controller) adalah kendali digital yang pertama kali yang dikembangkan dalam dunia industri. PLC dulu dibuat untuk menggantikan kendali sekuensial yang utama yaitu relay.

Tetapi sekarang PLC merupakan Komputer Industri yang digunakan untuk memonitor dan mengendalikan proses industri. PLC dapat diprogram dengan berbagai macam logika sesuai dengan tujuan pengendalian. Dengan program tersebut, maka PLC akan menghasilkan sinyal kendali. Cara bagaimana PLC menghasilkan sinyal kendali tersebut dinamakan dengan algoritma sistem kendali.
Algoritma sistem kendali ini merupakan suatu teknik yang dapat memecahkan masalah pengendalian dalam suatu sistem. Berbagai macam algoritma sistem kendali tersebut antara lain PID, Fuzi, Genetik, Neural dan lain lain, yang tentunya memiliki kelebihan sendiri sendiri. Algoritma sistem kendali yang paling banyak digunakan adalah PID yaitu kombinasi dari sistem kendali
2
Proporsional, Integral, dan Derivatif. Kombinasi ketiganya memiliki keuntungan yang lebih seperti tanggapan yang cepat, keadaan tunak yang mantap dan offset yang kecil sehingga PID adalah pengendali yang cukup handal. Keandalan ini dapat lebih ditingkatkan lagi dengan melakukan penalaan nilai besaran PID secara otomatis, dimana yang terjadi pada kendali PID konvensional yang telah ada, proses penalaan ini dilakukan secara manual oleh seorang operator.

untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

download di sini

Kendali PLC dengan Algoritma PID Adaptif Berbasis Logika Fuzi sebagai Pengendali Aras Air, 4.6 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets