Kesesuaian Lokasi Industri Besar dengan Pengembangan Wilayah Kota di Kabupaten Kudus.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Kesesuaian Lokasi Industri Besar dengan Pengembangan Wilayah Kota di Kabupaten Kudus.

Kifly Latif. 2005. Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Lokasi industri yang ada sangat mempengaruhi pengembangan wilayah yang adadi suatu daerah, seperti contoh di Kabupaten Kudus. Adanya penempatan industribesar berpengaruh terhadap pengembangan wilayah kota, seperti : sarana danprasarana, tenaga kerja yang dibutuhkan industri, biaya transportasi, bahanmentah, dan daerah pemasaran industri, dan erat kaitannya dengan faktor – faktoryang mempengaruhi pembangunan industri besar tersebut, yang meliputi : (1)Faktor ekonomi (upah), (2) Faktor Sosial (Tenaga Kerja), dan (3) FaktorKelembagaan. Oleh sebab itu, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melaluikegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Seberapabesar kesesuaian antara lokasi industri besar dengan pengembangan wilayah kotadi Kabupaten Kudus ?, dan (2) Seberapa jauh faktor – faktor yang mempengaruhipembangunan industri besar di Kabupaten Kudus ? Adapun tujuan yang ingindicapai sesuai dengan permasalahan yang ada, yaitu : (1) Ingin mengetahuikesesuaian lokasi industri besar dengan arah pengembangan wilayah kota diKabupaten Kudus dan (2) Ingin mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhipembangunan lokasi industri besar di Kabupaten Kudus.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua industri besar yang ada pada7 Kecamatan yang berjumlah 68 industri besar dengan kriteria tenaga kerja 100orang atau lebih. Pengambilan sampel penelitian yang berjumlah 10 sampelindusti besar dilakukan dengan teknik Area Proposional Random Sampling, danpada masing – masing industri diambil 3 responden pada masing – masing sampelindustri.

Hasil penelitian berdasarkan Analisis Varians (ANAVA) diperoleh nilaiF = 2,1609 yang mana nilai F ternyata lebih kecil dari F tabel (2,1609 < 2,27),artinya menunjukkan adanya kesesuaian antara lokasi atau letak industri besardengan pengembangan wilayah kota di Kabupaten Kudus. Analisis hasilkuesioner parameter – parameter yang ada dengan cara skor (harkat) dan kriteriatertentu didapatkan hasil seperti contoh pada Kecamatan Kaliwungu adalah (1)Tempat kedudukan bangunan (cukup sesuai), (2) Sarana dan prasarana (sangatsesuai), (3) Tenaga kerja (cukup sesuai), (4) Biaya transportasi (cukup sesuai), (5)Bahan mentah (sesuai marginal), dan (6) Daerah pemasaran (sangat sesuai).Faktor – faktor yang mempengaruhi pembangunan industri dianalisis denganprogram SPSS 10 for Windows, didapatkan hasil bahwa faktor sosial yang berupajumlah tenaga kerja dan faktor ekonomi yang berupa gaji/ upah pegawaiperusahaan sangat berpengaruh terhadap pembangunan industri.

Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapatkesesuaian antara lokasi industri besar dengan pengembangan wilayah kota diKabupaten Kudus, dan faktor – faktor sosial dan ekonomi yang paling dominanyang merupakan faktor – faktor yang mempengaruhi pembangunan industri.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa dandosen pada umumnya dan instansi pemerintah pada khususnya. Saran dalampenelitian ini adalah (1) Perlu adanya peningkatan promosi daerah agar bisamemaksimalkan potensi dan pendapatan daerah di Kabupaten Kudus, misalnya :banyaknya industri rokok di Kab. Kudus, pemeritah harus dapat mempromosikanmuseum kretek sebagai tujuan wisata, (2) Peningkatan AMDAL (Analisismengenai Dampak Lingkungan) yang dilakukan oleh pemerintah agar dapatmencegah pencemaran lingkungan akibat kegiatan proses produksi yangdilakukan oleh industri, dan (3) Pemerintah perlu membatasi dan memperketatsyarat penempatan (lokasi) suatu industri, agar tidak ditempatkan pada daerah –daerah potensial, yaitu : lahan pertanian yang subur, yang nantinya berakibatberkurangnya produksi pertanian.

Download

Kesesuaian Lokasi Industri Besar dengan Pengembangan Wilayah Kota di Kabupaten Kudus., 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets