Kesiapan Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Desa Karangsambung Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (117 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Kesiapan Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Desa Karangsambung Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo

Heri Sutopo. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah kesiapanaparat pemerintah Desa Karangsambung setelah diberlakukannya Undang-Undang Pemerintah Daerah Tahun 2004 ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahuikesiapan aparatur pemerintah Desa Karangsambung dalam pelaksanaan OtonomiDaerah, untuk mengetahui apakah pemerintah Desa Karangsambung telahmelaksanakan konsep Otonomi Daerah dan untuk mengetahui kendala-kendalayang dihadapinya dalam rangka pelaksanaan Otonomi Daerah.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatanwawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan wawancara dilakukan dengantahapan-tahapan, yaitu: menggunakan petunjuk umum wawancara dan modelwawancara baku terbuka, dan mengambil lokasi di Desa KarangsambungKecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Fokus penelitian ini adalahkesiapan aparatur pemerintah Desa Karangsambung dalam pelaksanaan OtonomiDaerah, sumber data penelitian ini adalah Perangkat Desa Karangsambung besertaBPD Karangsambung. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan datamenggunakan teknik triangulasi, sedangkan metode analisis data yang digunakanbersifat deskriptif analisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Karangsambungbelum melaksanakan konsep Otonomi Daerah secara penuh karena hal itu belumdilaksanakan oleh tiap-tiap perangkat secara maksimal dan optimal sehinggadalam implementasinya pun belum mencapai hasil yang optimal, konsep tersebutadalah Lima aspek yang menjadi indikator kesiapan aparatur pemerintah dalampelaksanaan Otonomi Daerah yaitu aspek kewenangan yang wajib untukdilaksanakan, aspek desain organisasi yang berimplikasi terhadap profesionalismekerja, aspek daftar kebutuhan pegawai dalam pelaksanaan program, aspekkebutuhan sarana dan prasarana sebagai faktor penunjang pelaksanaan program,aspek perencanaan biaya yang matang minimal dalam satu tahun anggaran,darihasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aparatur pemerintah DesaKarangsambung belum siap terhadap pelaksanaan Otonomi Daerah yang menjadikelemahanya adalah masih rendahnya kemampuan dari SDM dalam halpengeolaan dana yang ada sebagai kendala untuk mencapai hasil yang optimal danmaksimal dalam rangka pelaksanaan Lima aspek yang menjadi indikator kesiapandalam pelaksanaan Otonomi Daerah, walupun disisi lain etos kerja aparatur sangattinggi. Agar aparatur pemerintah Desa Karangsambung siap dalam pelaksanaanOtonomi Daerah maka penulis memberi saran agar setiap perangkat membuat danmelaksanakan rincian kewenangan yang wajib untuk dilaksanakan, setiapperangkat bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang berpedoman padadesain organisasi yang ada, setiap perangkat menyusun daftar kebutuhan dalampelaksanaan program serta sarana dan prasarana yang diperlukan untukmendukung keberhasilan program sesuai dengan proporsi dana yang tersedia, dansetiap perangkat hendaknya menyusun perencanaan biaya atau estimasi danasecara matang sebelum membuat dan melaksanakan program

Download

Kesiapan Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Desa Karangsambung Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo, 4.8 out of 5 based on 117 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Kesiapan Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Desa Karangsambung Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo”

  • dodo
    19 January, 2013, 2:51

    g bisa didonlot…
    klu boleh dikirim ke email aku y….butuh untuk refrensi…
    trims…

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets