Kesiapan Guru Geografi dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pelajaran Geografi SMA Se-Kabupaten Batang.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi Geografi : Kesiapan Guru Geografi dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pelajaran Geografi SMA Se-Kabupaten Batang.

Ambar Prasetya Dewi. 2005. Jurusan PendidikN GEOGRAFI, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Guru geografi SMA dalam menerapkan KBK dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar, bukan hanya sekedar memberi bekal pengetahuan geografi tetapi juga bekal ketrampilan hidup yang terkait dalam bidang geografi, karena guru geografi merupakan ujung tombak pelajaran geografi yang merupakan factor yang sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan pelaksanaan KBK mata pelajaran geografi. Di Kabupaten Batang pelaksanaan KBK belum sepenuhnya dilaksanakan.

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini: (1) bagaimana kesiapan guru geografi dalam menerapkan KBK pada mata pelajaran geografi SMA se Kabupaten Batang? (2) adakah perbedaan kesiapan guru dalam menerapkan KBK antara yang mengajar di SMA negeri dan SMA swasta se Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapan guru geografi se Kabupaten Batang dalam menerapkan KBK dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kesiapan dalam menerapkan KBK antara guru yang mengajar di SMA negeri dan SMA swasta.

Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi SMA se Kabupaten Batang sebanyak 15 orang. Populasi ini sekaligus sebagai sampel. Variabel yang diteliti yaitu kesiapan guru dalam menerapkan KBK. Data diambil dengan teknik kuesioner, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru-guru di SMA negeri di Kabupaten Batang dalam kategori tinggi yaitu mencapai 85,35% sedangkan kesiapan guru SMA swasta yaitu mencapai 73,19%. Hasil uji t diperoleh nilai probabilitas kurang 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan kesiapan guru dalam menerapkan KBK pada mata pelajaran geografi.

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi para guru, guru harus berkualitas, baik dari segi proses dan segi intelektual, selain itu menuntut guru harus lebih kreatif dalam proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan kreatifitas pembelajaran diharapkan guru dapat melaksanakan KBK secara terpadu, sehingga prestasi didik dapat lebih baik. Pelaksanaan KBK diwujudkan dalam penerapan indikator pembelajaran yang baik dan tepat

Download

Kesiapan Guru Geografi dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pelajaran Geografi SMA Se-Kabupaten Batang., 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets