KESULITAN BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DISMP KRISTEN TRI TUNGGAL SEMARANG.

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

Skripsi.Jurusan Teknik Elektro: KESULITAN BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DISMP KRISTEN TRI TUNGGAL SEMARANG.

Daud Lanang Prabowo (2006). Skripsi.Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang.

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan materi yangdiberikan berdasarkan operating system Linux menjadi hal baru bagi siswa.

Keterasingan terhadap materi pelajaran merupakan salah satu kendala bagi siswauntuk cepat menguasai pelajaran ini. Mata pelajaran Teknologi Informasi danKomunikasi menuntut siswa untuk memiliki kemampuan memahami,menganalisis dan cermat dalam praktek. Proses belajar tidak terlepas darihambatan-hambatan dalam pencapaian hasil belajar yang menyebabkanseorang siswa tidak dapat memenuhi ukuran yang telah ditentukan.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar siswapada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Kristen TriTunggal Semarang.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kristen Tri TunggalSemarang yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa 104 orang. Sampel daripenelitian ini sebanyak 45 orang yang diambil menggunakan teknik puposivesampling. Variabel utama dari penelitian ini adalah mengenai kesulitan belajarsiswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP KristenTri Tunggal Semarang. Pengambilan data menggunakan angket sebagai instrumenpenelitian. Angket berisi 17 pertanyaan yang disusun berdasarkan teori mengenaikesulitan belajar. Angket tersebut telah diuji validitasnya dan memenuhipersyaratan reliabilitas sehingga layak dipakai untuk mengambil data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sebagian besar siswa kelas VII diSMP Kristen Tri Tunggal Semarang mengalami kesulitan belajar kategori tinggibersumber dari diri sendiri karena kondisi tubuh, intelegensi, sikap siswa dalambelajar, daya serap siswa, kurangnya penguasaan bahasa asing. Siswa mengalamikesulitan belajar kategori sedang bersumber dari sekolah, keluarga danmasyarakat.
Saran yang diajukan berdasarkan hasil dari keterbatasan penelitian antaralain; siswa perlu dimotivasi untuk memperhatikan guru ketika mengajar; Siswadimotivasi untuk menambah kemampuan bahasa asing; Siswa memerlukan variasimetode pembelajaran dan evaluasi yang tepat sehingga siswa dapat mengikutipembelajaran dengan baik dan adil; Dukungan orang tua diperlukan dalammengontrol dan memperhatikan perkembangan belajar siswa baik di rumah ataudisekolah; Siswa dilatih agar mampu mengatur dan membagi antara waktu belajar,berorganisasi dan rekreasi.

Download

KESULITAN BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DISMP KRISTEN TRI TUNGGAL SEMARANG., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets