Ketrampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pembelajaran Matematika

This item was filled under [ Pendidikan Luar Sekolah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Pendidikan Luar Sekolah : Ketrampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pembelajaran Matematika

Eris Khamdanah. 2005. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang.

Matematika merupakan pelajaran yang menakutkan, karena pada umumnya orang berpendapat bahwa pelajaran matematika itu sulit. Dalam proses belajar dan mengajar matematika terjadi aktivitas pembelajaran dimana peran guru sangat penting. Guru dan siswa berinteraksi dan berpadu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Guru memotivasi siswa agar belajar dengan baik. Untuk itu kelas harus dikelola secara professional agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Ketrampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran matematika di SD Negeri I Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo, (2) Faktor-faktor apa yang menghambat guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran matematika di SD Negeri I Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo, (3) Bagaimana cara mengatasi hambatan yang dihadapi guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran matematika di SD Negeri I Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Dengan tujuan penelitian ingin memperoleh informasi tentang ketrampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran matematika, ingin mengetahui faktor-faktor penghambat guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran matematika dan cara mengatasinya di SD Negeri I Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga sebagai upaya peningkatan pengelolaan kelas yang efektif dan efisien guna mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, dapat dijadikan sumber bahan penting bagi para peneliti di bidang pendidikan, dapat dijadikan tolak ukur dan merupakan bahan pertimbangan untuk melakukan pembenahan terhadap berbagai kekurangan bagi guru SD Negeri I Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi, dengan alasan karena peneliti tidak melakukan pengujian hipotesis. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik keikutsertaan di lapangan dalam rentang waktu yang panjang, triangulasi dan pengecekan anggota.

Berdasarkan hasil penelitian ketrampilan guru dalam mengelola kelas di SD Negeri I Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari usaha guru dalam mengatur kegiatan belajar dan mengajar, sehingga terwujud suasana yang efektif dan menyenangkan serta memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Faktor yang menghambat guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran matematika adalah masalah siswa dan fasilitas. Masalah siswa yaitu kekurangsadaran siswa dalam memenuhi tugas dan haknya di kelas atau di sekolah. Sedangkan masalah fasilitas yaitu ketersediaan alat peraga yang belum lengkap. Cara mengatasi masalah tersebut adalah guru memberikan penjelasan dan kesadaran pada siswa tentang hak kewajiban dan keharusan menghormati orang lain yaitu teman sekelasnya. Siswa harus sadar bahwa kalau mereka menganggu temannya yang sedang belajar berarti tidak melaksanakan kewajiban sebagai anggota satu masyarakat kelas dan tidak menghormati hak siswa lain untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan belajar dan mengajar. Untuk ketersediaan alat peraga yang belum lengkap, guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat alat-alat sederhana yang dapat digunakan sebagai peraga dalam pembelajaran matematika. Saran yang diberikan penulis yaitu guru harus mampu mengenali secara tepat berbagai masalah dalam pengelolaan kelas baik bersifat perorangan maupun kelompok, memahami pendekatan mana yang cocok untuk jenis masalah tertentu, guru harus memilih dan menetapkan pendekatan yang paling tepat untuk memecahkan masalah, dan dalam mempersiapkan serta menyajikan pelajaran hendaknya menyesuaikan perbedaan karakteristik siswa.

Download

Ketrampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pembelajaran Matematika, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Ketrampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pembelajaran Matematika”

  • 31 May, 2011, 7:14

    Memang keterampilan guru dalam mengelola kelasnya menentukan hasil pendidikan kita. Oleh sebab itu mari kita meningkatkan kemampuan masing2 agar bangsa ini semakin maju, hidup guru.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets