Kontribusi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 2 Kramat-Tegal untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik elektro: “Kontribusi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 2 Kramat-Tegal untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi”

Nur Hepti Istiqomah. 2007. Skripsi teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Belajar sebagai proses perubahan perilaku melalui latihan atau pengalaman. Orientasi pendidikan selama ini cenderung lebih menitikberatkan pada penguasaan materi saja, tanpa melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Observasi dilapangan menunjukkan bahwa pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi sudah berjalan baik namun kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berjalan secara monoton, hanya dilakukan perpindahan ilmu pengetahuan dari guru ke murid saja. Pada umumnya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan praktik sehingga keberhasilan belajar siswa yang diharapkan tidak maksimal. Salah satu usaha agar keberhasilan siswa dapat tercapai maksimal dan menjadikan siswa lebih aktif serta mendalami materi yang diajarkan oleh guru yaitu dengan menambah sarana belajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan pemberian tugas terstruktur.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Peneliti melakukan penelitian selama lebih kurang 3 minggu untuk kelas VII di UPTD SMP Negeri 2 Kramat-Tegal. Populasi penelitian sejumlah 362 siswa. Penentuan kelas untuk penelitian dilakukan secara purposive sampling, atas dasar pertimbangan dari pihak sekolah yaitu waktu dan siswa-siswa tersebut sudah dianggap mewakili populasi kelas VII. Jumlah proporsi yang diambil sebesar 65% dari populasi, sehingga jumlah sampel yang diteliti sejumlah 80 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu teknik propotional cluster random sampling. Kelas-kelas yang digunakan untuk penelitian adalah kelas VII F, VII H dan VII I. Untuk membuktikan adanya pengaruh dan kontribusi antara tes formatif dan tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa, sehingga peneliti menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan berganda.
Berdasarkan pengujian hipotesis (Uji-F) dan determinasi (R) antara lembar kerja siswa dan tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa maka diperoleh harga Fhitung = 9,857 > Ftabel = 3,115 dan kontribusi yang diberikan sebesar 20,4%. Kedua data tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh antara lembar kerja siswa dan tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa di UPTD SMP Negeri 2 Kramat-Tegal untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memberikan kontribusi yang rendah untuk hasil belajar siswa.
Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada siswa yaitu hendaknya aktif dan kreatif dalam mengikuti pelajaran teknologi informasi dan komunikasi terutama menggunakan sarana belajar LKS. Setiap tugas yang diberikan oleh guru diharapkan dapat dikerjakan semaksimal mungkin dan dikumpulkan tepat waktu. Dan bagi pihak keluarga selalu mendampingi dan membimbing anaknya dalam belajar. Para guru khususnya mata pelajaran TI&K tidak hanya mengajar dari sumber belajar utama yaitu buku paket, tetapi perlu ditambah dengan sarana belajar yang baru dan lebih elektif dalam memilih sarana belajar tersebut. Sehingga siswa mudah memahami dan mengikuti mata pelajaran tersebut. Guru diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi siswanya. Bagi sekolah hendaknya menambah fasilitas penunjang pendidikan misalnya peralatan praktek TIK, modul dan buku pelajaran. Pada saat penerimaan siswa baru perlu diadakan tes seleksi secara ketat dan transparan sehingga input yang diterima benar-benar sesuai yang diharapkan.

Download

Kontribusi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 2 Kramat-Tegal untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Kontribusi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 2 Kramat-Tegal untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi”

  • elisa
    30 October, 2011, 9:41

    inspirative,,

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets