Kontribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : Kontribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja

Hendro Pamujo. 2005. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Tuntutan dunia kerja saat ini adalah manusia yang berkualitas serta handal. Hal inimendorong siswa memilih sekolah yang mencetak manusia “siap pakai“. Jenis pendidikanformal yang mencetak para lulusannya “siap pakai“ adalah Sekolah Menengah Kejuruan(SMK).

Tujuan penelituan ini adalah ingin mengetahui kontribusi minat kerja dankemampuan akadermis baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadapkesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas III jurusan bangunan SMK YPT I Purbalinggatahun pelajaran 2004/2005.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III semester 5 Jurusan BangunanSMK YPT I Purbalingga tahun pelajaran 2004/2005 sebnayak 28 siswa. Penelitian inimerupakan penelitian populasi dengan variabel yang diteliti yaitu minat kerja dankemampuan akademis sebagai variabel bebas serta kesiapan kerja sebagai variabel terikat.Data diambil dengan teknik tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresiganda.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi ganda Y = 17.202 +0.334X1 + 0.322X2, yang diuji keberartiannya menggunakan uji F diperoleh F hitung =5.173 > F tabel (3.39) dengan dk (2:25) sehingga hipotesis diterima yang berarti adakontribusi minat kerja dan kemampuan akademis terhadap kesiapan kerja siswa.

Bedasarkan hasil uji parsial diperoleh thitung untuk variabel minat kerja sebesar 1.851 danthitung untuk kemampuan akademis sebesar 1.787. Nilai thitung dari masing-masing variabelbebas lebih besar dari ttabel dengan dk = 25 dan taraf kesalahan 5% yaitu 1.71, yang berartisecara parsial ada kontribusi yang signifikan minat kerja dan kemampuan akademisterhadap kesiapan kerja. Besarnya kontribusi minat kerja terhadap kesiapan memasukidunia kerja sebesar 12%, sedangkan kontribusi kemampuan akademis terhadap kesiapanmemasuki dunia kerja sebesar 11.3%.

Dengan adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan pihak industrimendorong siswa berusaha mencari informasi tentang dunia kerja sehingga minat kerjasiswa akan lebih meningkat. Kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan duniakerja dapat dijadikan modal dasar siswa untuk mempersiapkan dirinya dalam memasukidunia kerja, yang tidak dipungkitri bahwa kemampuan akademis merupakan faktor yangsangat diperlukan, dan hal tersebut akan meningkatkan kesiapan kerja siswa setelah lulusnantinya.

Download

Kontribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja, 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Kontribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja”

  • ncan
    20 July, 2012, 15:11

    boleh minta reverensi atau soft coppy g? saya butuh data tentang kesiapan kerja.. terimakasih

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets