Kontribusi Persiapan kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: ”Kontribusi Persiapan kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang”.

Irawan, Merta. 2004. Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Latar belakang penelitian adalah (1) Rendah kualitas lulusan Perguruan Tinggi(2) Persiapan kuliah yang kurang dan ketrampilan belajar yang rendah pada mahasiswasemester II dan IV (3) Peneliti ingin mengetahui sejauhmana kontribusi persiapan kuliahterhadap prestasi belajar mahasiswa semester II dan IV.Permasalahan yang muncul dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana hubunganpersiapan kuliah dengan prestasi belajar mahasiswa semester 2 dan 4 Geografi FISUNNES dan (2) Bagaimana kontribusi persiapan kuliah terhadap prestasi belajarmahasiswa semester2 dan 4 Geografi FIS UNNES.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menambah ilmu pengetahuan tentanghubungan persiapan kuliah terhadap prestasi belajar mahasiswa khusus mahasiswaGeografi dan (2) Untuk mengembangkan wawasan, menambah pengalaman, danmemperluas pengetahuan dalam melakukan kegiatan pendidikan.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 dan 4 Jurusan GeografiFIS Universitas Negeri Semarang dengan jumlah 196 mahasiswa. Sampel penelitianadalah 20 % dari populasi yang diambil dengan tehnik Stratified Proposional RandomSampling, dan dengan mengambil 20 % dari masing-masing tingkatan berdasarkan prodidan semesternya, yaitu : Prodi geografi semester 2, prodi geografi semester 4, prodisurvai dan pemetaan wilayah semester 2, prodi pendidikan geografi semester 2, prodipendidikan geografi semester 4, prodi pemetaan wilayah semester 4. Metodepengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data dengandeskriptif presentase, rumus korelasi product moment, dan rumus sumbangan relative(SR %) dan sumbangan efektif (SE %)

Hasil penelitian tingkat persiapan kuliah rata-rata mahasiswa semester 2 dan 4 adalahbaik, berarti bahwa berdasarkan perhitungan deskriptif presentase indicator-indikatorpersiapan kuliah didapatkan rata-rata nilai baik. Ditinjau dari prestasi belajar terlihat nilaiakhir semester yang rata-rata baik. Sedangkan dari perhitungan korelasi produk momentdiperoleh nilai r ternyata lebih dari r table dengan signifikansi 1 % artinya menunjukanada hubungan yang signifikan antara persiapan kuliah dengan prestasi belajar mahasiswasemester 2 dan 4 Jurusan Geogafi FIS Universitas Negeri Semarang. Selain ituberdasarkan perhitungan kontribusi masing-masing indikator persipan kuliah didapatkanhasil untuk sumbangan relatif persiapan fisik dan kondisi kuliah sangat kecil beraratitidak mempuntai pengaruh sumbangan yang signifikan. Sumbangan realatif terbesaradalah persiapan non-fisik berarti bahwa prestasi belajar mahasiswa yang baik sekarangini karena sumbangan indikator persiapan non-fisik yang besar. Sumbangan efektifpersiapan kuliah dan kondisi kuliah mempunyai nilai yang sangat kecil yang artinyabahwa 2 indikator tersebut dapat diabaikan dalam sumbangan terhadap prestasi belajar.Sumbangan efektif terbesar adalah persiapan non-fisik berarti bahwa untuk meningkatkanprestasi belajar mahasiswa Jurusan geografi FIS Univesitas Negeri Semarang yang sangatpotensial adalah persiapan non-fisik.

Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa tingkat persiapan kuliah rata-ratamahasiswa semester 2 dan 4 adalah baik. Prestasi belajar terlihat nilai akhir semester rataratabaik. Ada hubungan yang signifikan antara persiapan kuliah dengan prestasi belajarmahasiswa semester 2 dan 4 Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang. Sumbanganrelatif persiapan fisik sebesar 6,96 %, sumbangan relatif persiapan non-fisik sebesar83,49 % dan sumbangan relatif kondisi kuliah yaitu 9,55 %. Untuk sumbangan efektifpersiapan fisik sebesar 3,48 %, sumbangan efektif persiapan non-fisik sebesar 41,74 %dan sumbangan efektif kondisi kuliah yaitu 4,78 %.Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar mahasiswa Geografi semester 2 dan 4hendaklah dapat meningkatkan persiapan kuliah khusus dalam hal persiapan non-fisik.

Download

Kontribusi Persiapan kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2dan 4 Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang, 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets