Korelasi Aktivitas Siswa Membaca Buku Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Pada SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan teknik elektro: Korelasi Aktivitas Siswa Membaca Buku Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Pada SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang

Muhammad Munif. (2007). Skripsi pendidikan teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Pembangunan sebuah negara adalah bergantung kepada rakyatnya yang berilmu pengetahuan, berfikiran positif, rajin dan berdaya saing. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh melalui aktivitas membaca. Sekarang ini harus kita akui bahwa minat membaca yang diwujudkan dengan aktivitas membaca buku di kalangan siswa umumnya masih rendah. Alasan klasik yang sering mengemuka adalah bahwa membaca belum membudaya di kalangan masyarakat, khususnya pelajar. Mereka menganggap aktivitas membaca itu merupakan aktivitas yang membosankan atau membuat jemu dan lelah.Bertolak dari pemikiran tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Korelasi Aktivitas Siswa Membaca Buku Di Perpustakaan Terhaap Prestasi Belajar Pada SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang”.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah korelasi aktivitas siswa membaca buku di perpustakaan terhadap prestasi belajar pada SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang.
Dalam penelitian ini jumlah populasi siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2006/2007 dengan jumlah 252 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian Proporsional Area Random Sampling atau Purposif Random Sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 30% dari jumlah populasi yang ada maka jumlah sempelnya sebanyak 75,8 siswa dibulatkan menjadi 78 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Sebelum instrumen penelitian digunakan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Setelah data diperoleh maka dilakukan analisis dengan menggunakan analisis Korelasi Product-Moment.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh koefisien korelasi rxy sebesar 0,806. Jika koefisien korelasi rxy dikonsultasikan dengan rtabel Product-Moment untuk N=78 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,227. Dari koefisien korelasi tersebut peneliti menyimpulkan ada korelasi positif antara aktivitas siswa membaca buku di perpustakaan terhadap prestasi belajar pada SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang kelas VII dan kelas VIII semester II tahun pelajaran 2006/2007.
Dengan adanya hasil penelitian yang menujukkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa membaca buku terhadap prestasi belajar hendaknya siswa menjadikan hal ini sebagai wacana untuk meningkatkan aktifitas dan kegemaran membaca sehingga prestasi belajarnya juga dapat meningkat.

Download

Korelasi Aktivitas Siswa Membaca Buku Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Pada SMP Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets