Korelasi antara Pengetahuan Alat Praktikum dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Semarang Materi Pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2005/2006

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan kimia: Korelasi antara Pengetahuan Alat Praktikum dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Semarang Materi Pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2005/2006

Laila, Khusucidah. 2005. Skripsi kimia, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Ilmu kimia merupakan ilmu yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkaneksperimen. Kegiatan eksperimen atau praktikum menitikberatkan pada ranahpsikomotor yang berupa penampilan dan berhubungan dengan aktifitas fisik. Olehkarena pelaksanaan praktikum melibatkan alat-alat, maka perlu penguasaan tentangalat-alat praktikum sehingga dapat menunjang kelancaran praktikum danmeningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. Tujuan penelitian ini adalahmengetahui seberapa besar korelasi antara pengetahuan alat praktikum dengankemampuan psikomotorik siswa kelas XI IPA SMAN 11 Semarang materi pokok lajureaksi.

Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 11 Semarang.Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh siswa kelas XIIPA-4 dari 4 kelas yang ada. Instrumen yang memenuhi syarat untuk digunakandalam penelitian kemudian dipakai untuk mengambil data tentang pengetahuan alatpraktikum dan data kemampuan psikomotorik. Dari kedua data tersebut kemudiandianalisis menggunakan analisis regresi sederhana.

Teknik analisis regresi sederhana menghasilkan persamaan Y= 28,934+0,611x.Persamaan regresi tersebut linier, dibuktikan melalui uji kelinieran dengan Fhitungsebesar 1,117, kurang dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,389. Dariperhitungan koefisien korelasi diperoleh harga sebesar 0,60. Harga ini dapat untukmenyimpulkan bahwa ada korelasi positif dan berarti antara pengetahuan alatpraktikum dan kemampuan psikomotorik, sedangkan kontribusi variabel pengetahuanalat praktikum terhadap kemampuan psikomotorik diperoleh dari koefisiendeterminasi regresi sederhana sebesar 36%. Kesimpulan yang diambil dari penelitianini yaitu ada korelasi positif antara pengetahuan alat praktikum dan kemampuanpsikomotorik siswa kelas XI IPA SMAN 11 Semarang materi pokok laju reaksi.

Saran yang diajukan adalah agar sebelum praktikum guru memberikan penjelasanmengenai pengetahuan alat dan melakukan uji keterampilan alat untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa khususnya, dan memperlancar kegiatan praktikum pada umumnya.

Download

Korelasi antara Pengetahuan Alat Praktikum dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Semarang Materi Pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2005/2006, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets