KWH METER DIGITAL UNTUK APLIKASI AUTOMATISASI PENCATAT PEMAKAIAN DAYA LISTRIK APARTEMEN

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

judul skripsi  : KWH METER DIGITAL UNTUK APLIKASI AUTOMATISASI  PENCATAT PEMAKAIAN DAYA LISTRIK APARTEMEN


Oleh:
M NURUL HUDHA M
01/151304 / ET/ 02313
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA

Perkembangan teknologi memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemajuan teknologi, banyak peralatan yang dialihkan dari bentuk manual ke bentuk otomatis. Peralatan manual mempunyai kekurangan dalam hal kecepatan, ketepatan dan ketelitian, sehingga peralatan manual tidak dapat diandalkan lagi dan mulai dialihkan menjadi peralatan yang lebih otomatis. Misalnya dalam pengukuran daya listrik, untuk mengetahui berapa kwh yang dipakai dibutuhkan seorang manusia yang harus melakukan pencatatan secara kontinyu.
Untuk mengatasi ketidak efisienan ini, maka penyusun berusaha merancang Tugas Akhir dengan judul “Kwh meter digital untuk aplikasi automatisasi pencatat pemakaian daya listrik listrik apartemen “. Alat ini mampu menampilkan banyaknya daya listrik yang dipakai, banyaknya sisa pulsa/daya dan nomor pin voucher yang telah diisikan. Selain itu alat ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu mempergunakan komunikasi dengan sistem DTMF (Dual Tone Multiple Frekuensi) dan nilai daya dan pengisian pulsa dapat dipakai menggunakan sistem internet.


Sistem ini merupakan pengembangan dari alat kwh meter yang sudah ada, hanya saja sistem ini mengoptimalkan penggunaan mikrokontroler 89C51 yang sudah umum dipasaran.
Dengan sistem ini pelanggan akan merasakan kemudahan dalam hal berlangganan daya listrik. Sekarang pelanggan dapat secara terus-menerus mengontrol pemakaian daya melalui display dirumah atau kamar masing-masing.
1.2 Maksud dan Tujuan Penulisan
Adapun maksud dan tujuan dari perancangan tugas akhir ini adalah :
1. Membuat perangkat keras sistem minimal mikrokontroler 89C51 dan antarmukanya.
2. Mempelajari pengukuran daya dengan menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
3. Mempelajari sistem pengambilan dan pengolahan data dengan masukan counter..
4. Membuat rangkaian kwh meter digital yang dapat digunakan untuk pemakaian daya yang relatif besar.
5. Mengembangkannya menjadi suatu sistem yang lebih praktis, murah serta bermanfaat.
6. Mengimplementasikan sistem informasi pulsa daya listrik dengan PHP dan MYSQL dalam pengembangan suatu aplikasi berbasis web

untuk mendownload silahkan klik link di bawah ini

Download di sini

KWH METER DIGITAL UNTUK APLIKASI AUTOMATISASI PENCATAT PEMAKAIAN DAYA LISTRIK APARTEMEN, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets