Latar Belakang dan Dampak Perceraian (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Wonosobo)

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (115 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Latar Belakang dan Dampak Perceraian (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Wonosobo)

Zakiyah,Yani Tri. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Membentuk keluarga yang kekal, bahagia dan sejahtera merupakan tujuanpokok dalam rumah tangga. Untuk mencapai rumah tangga yang bahagia dansejahtera diperlukan adanya kerja sama dan saling pengertian antara suami-isteri, danmenghindari segala macam perselisihan dalam rumah tangga. Tujuan suci tersebutsering kandas di tengah jalan, karena pasangan tidak dapat mempertahankanhubungan keluarga secara harmonis dan berakhir dengan perceraian.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor apasaja yang melatarbelakangi terjadinya perceraian? (2) Bagaiman proses perceraian diPengadilan Agama? (3) Bagaimana dampak perceraian terhadap para pihak?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor apa saja yangmelatarbelakangi terjadinya perceraian (2) proses terjadinya perceraian di PengadilanAgama (3) dampak terhadap suami-isteri yang melakukan perceraian, anak-anak,dan harta kekayaan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menempuh langkahlangkahsebagai berikut: pengumpulan data, pengeditan data, pengkategorian data,analisa data, dan membuat kesimpulan. Dalam penelitian ini sumber data didapatdari sumber data primer adan sekunder. Metode yang digunakan dalam prosespengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian initeknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Metoeanalisis data yang digunakan adalah metode kualitatif atau non statistikHasil penelitian menunjukkan bahwa perceraian dibagi menjadi dua yaitucerai talak dan cerai gugat. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, antara lain:(1) Faktor moral meliputi poligami tidak sehat, krisis akhlak, cemburu (2) Faktormeninggalkan kewajiban meliputi kawin paksa, ekonomi, tidak ada tanggung jawab(3) Faktor kawin di bawah umur (4) Faktor penganiayaan (5) Faktor terus menerusberselisih meliputi gangguan pihak ketiga, dan tidak ada keharmonisan. Prosespersidangan meliputi skema prosedur penyelenggaraan administrasi negara, tahappersidangan, jalannya sidang. Dampak perceraian ternyata sangat luas dan komplek,karena bukan hanya pasangan suami-isteri yang bercerai saja yang merasakan akibatadanya perceraian tersebut tetapi juga berdampak terhadap anak-anak, dan hartakekayaan.

Dengan memperhatikan hasil penelitian, saran yang dapat peneliti berikanadalah (1) Bagi orang tua tidak menikahkan anaknya dengan cara paksa, yaitumenikahkan anaknya dengan orang yang tidak dicintainya. Karena perkawinanharus ada kesepakatan antara kedua calon mempelai. (2) Bagi pasangan suami-isterihendaknya saling memahami, saling terbuka dalam rumah tangga untukmemecahkan masalah yang dihadapi, sehingga tidak terjadi disharmonis dalamkeluarga. Langkah yang ditempuh adalah dengan cara mengemukakan permasalahanyang ada, kemudian permasalahan tersebut dibicarakan bersama dan dicari jalankeluarnya bersama-sama, salah satunya adalah harus ada yang mengalah dan salingmenyadari satu sama lain, sehingga perselisihan cepat terselesaikan dengan damai(3) Bagi masyarakat hendaknya dilakukan penyuluhan yang menyangakut hukumperceraian dengan segala aspeknya, guna merangsang kokohnya ikatan perkawinandan mengurangi angka perceraian.

Download

Latar Belakang dan Dampak Perceraian (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Wonosobo), 4.7 out of 5 based on 115 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets