Male Feminis dan Kontra Male Feminis dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan bahasa dan sastra indonesia: Male Feminis dan Kontra Male Feminis dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari

Dani Wardani, Veri. 2005. Skripsi bahasa dan sasstra indonesia, Fakultas bahasa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari merupakan salah satu novel yang menceritakan perjalanan tokoh perempuan (Srintil) yang dipengaruhi oleh tokoh laki-laki. Dalam kehidupannya Srintil bertemu dengan tokoh penyelamat (male feminis) dan tokoh penghambat (kontra male feminis).


Rumusan masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran male feminis dan kontra male feminis dalam novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari?, (2) Faktor-faktor apa yang menyebabkan munculnya male feminis dan kontra male feminis dalam novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari?
Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif karena analisis ini berangkat dari teks. Sumber data ini adalah semua perilaku tokoh yang pro feminis (male feminis) dan kontra male feminis dalam teks novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari yang berkaitan dengan peran male feminis dan kontra male feminis. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengelompokkan perilaku tokoh laki-laki yang berhubungan dengan peran tokoh utama, kemudian diterapkan dalam model aktan (peran tokoh) menurut Claude Bremond untuk mengetahui peran masing-masing tokoh sebagai male feminis dan kotra male feminis.
Hasil pembahasan ini menunjukkan bahwa laki-laki ada yang menghargai perempuan dan juga ada yang tidak menghormati perempuan. Peran male feminis dan kontra male feminis ini pada intinya menggambarkan perilaku yang menghargai sosok perempuan dan perilaku yang tidak menghargai perempuan. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya male feminis adalah faktor kultur kesenian tradisional dan kontra male feminis itu meliputi faktor ekonomi, faktor seksualitas dalam kultur masyarakat Jawa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat menjadi jembatan bagi munculnya penelitian baru. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dalam dunia apresiasi sastra Indonesia.

Download

Male Feminis dan Kontra Male Feminis dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets