Manajemen Siaran Musik Stasiun Radio REM FM di Universitas Negeri Semarang

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan Pendidikan Seni: Manajemen Siaran Musik Stasiun Radio REM FM di Universitas Negeri Semarang

Fajar Nugraha, Willy .2008.Skripsi Jurusan Pendidikan Seni, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Radio merupakan salah satu media penyiaran musik yang sampai saat ini masih bertahan di era perkembangan ilmu dan teknologi. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk menjaga eksistensi sebuah stasiun radio harus dapat memikat hati para pendengarnya melalui program-program siarannya. Sebagai salah satu stasiun radio komunitas yang ada di kota Semarang, radio REM FM telah menunjukan eksistensinya. Hal ini terlihat dari banyaknya request lagu pada beberapa program siar, dimana tiap harinya ada sekitar 70-100 perequest baik melalui telepon maupun SMS. Dari hal tersebut maka permasalahan yang menarik untuk di teliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah manajemen siaran musik di stasiun radio REM FM Universitas Negeri Semarang?. Dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen siaran musik di stasiun radio REM FM Universitas Negeri Semarang

Landasan teori yang terdapat dalam penelitian ini berisi tentang pengertian dan fungsi dasar manajemen, pentingnya manajemen, siaran musik, pengertian manajemen siaran musik dan pengertian radio REM FM.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode diskriptif yang menghasilkan data deskriptif tentang Manajemen Siaran Musik Stasiun Radio REM FM di Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan kemudian diseleksi atas dasar reabilitas dan validitasnya. Keabsahan data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data yang dimulai dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa REM FM dalam pelaksanaan mengemas siaran musik harus melalui beberapa tahapan manajemen yaitu ; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dimana dalam proses manajemen siaranya bertumpu pada kerjasama antar divisi. Hal ini dapat dilhat dalam pembuatan program siar yang melibatkan program director sebagai pembuat program siar, music director sebagai penentu pemilihan lagu yang akan diputar untuk program tersebut, dan production house sebagai pembuat jingel, back song , iklan sponsor, spot. Sedangkan marketing sebagai pencari sponsor dan pembiayaan untuk program siar seperti pembiayaan proses produksi, penyiar sebagai pembawa acara program siar yang berinteraksi langsung dengan pendengar, dan director selaku penanggung jawab, dan pengawas sistem kerja keseluruhan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran agar REM FM memiliki generator pembangkit listrik (gen set) supaya proses kepenyiaran dapat terus berjalan ketika lampu mati.

Download

Manajemen Siaran Musik Stasiun Radio REM FM di Universitas Negeri Semarang, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets