Manajemen Sistem Penerangan Berbasis Komputer

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik elektro: Manajemen Sistem Penerangan Berbasis Komputer

Sutiyo, 2005. Skripsi teknik elektro, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Pada zaman sekarang ini perkembangan teknologi lebih banyak mendominasi dalam upaya membentuk, memberikan alternative kebijaksanaan dalam perkembangan teknologi pada era otomatisasi, hal tersebut menunjukkan suatu kecenderungan yang mengarah pada penciptaan maupun pengembangan suatu sarana yang lebih praktis, efisien dan ekonomis untuk mempermudah dan mempercepat segala aktivitas manusia. Bagaimana membuat suatu program untuk mengendalikan proses sistem penerangan pada rumah type 36 berbasis komputer ? Manajemen sistem penerangan adalah suatu usaha untuk mengelola dan mengatur suatu peralatan penerangan. Komputer adalah suatu sistem elektronik yang dapat memanipulasi dan mengolah masukan data yang cepat dan tepat.
Dalam perancangan sistem sering kali digunakan komputer sebagai alat pengontrol terhadap sistem yang dibuat komunikasi antara komputer dengan alat yang dikontrol dijembatani oleh suatu rangkaian yang disebut antar muka atau Interface. Borland Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bekerja dibawah lingkup sistem operasi windows, dimana Delphi memberikan fasilitas-fasilitas pembuatan aplikasi visual. Dalam hal ini memanfaatkan Interface LPT 378 atau sering disebut sebagai port printer.
Dalam merealisasikan penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode pendekatan. Metode yang digunakan untuk penyusunan penelitian ini adalah Metode Eksperimen. Perancangan perangkat lunak ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7.0. Program ini mengambil masukanan dari operator kode saklar on atau off dan PC memberikan output pada peripheral melalui port parallel yang akan menjalankan perintah sesuai dengan deskripsi.
Tingkat keberhasilan dari penelitian ini dapat kita peroleh melalui beberapa aspek yaitu diantaranya : Hasil Penelitian yang membahas mengenai hasil uji coba dan pengukuran besarnya tegangan output yang dihasilkan oleh interface sebesar 4 volt yang berguna untuk memberikan tegangan basis pada transistor yang bekerja sebagai penggerak relai yang selanjutnya dari relai tersebut menghubungkan tegangan AC 220 ke peralatan maupun lampu yang akan dikelola dan dikendalikan sebayak 5 buah lampu yang terpasang pada instalasi pada rumah type 36.
Sistem penerangan yang selama ini merupakan proses penerangan yang dilakukan secara manual dan membutuhkan pengawatan instalasi yang sangat panjang. Setelah melakukan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan software program Delphi, komputer dimanfaatkan untuk mengatur dan mengelola serta memanajemen sistem penerangan berbasis komputer. Pengaturan dapat dilakukan dengan bantuan Interface parallel port dengan pengalamatan port 378.

Download

Manajemen Sistem Penerangan Berbasis Komputer, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets