Masalah-masalah Sosial dalam Kumpulan Naskah Drama Mengapa Kau Culik Anak Kami Karya Seno Gumira Ajidarma

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia : Masalah-masalah Sosial dalam Kumpulan Naskah Drama Mengapa Kau Culik Anak Kami Karya Seno Gumira Ajidarma

Fajriyah, Aminatul. 2005. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Kumpulan naskah drama Mengapa Kau Culik Anak Kami karya Seno Gumira Ajidarma adalah sebuah drama yang dikemas dan diangkat dari permasalahan di Jakarta. Kumpulan drama tersebut memaparkan sebuah kisah nyata yang disajikan dalam dunia rekaan. Peristiwa ini menimbulkan penderitaan bagi warga akibat tindak kerusuhan yang terjadi dan konflik sosial antara pemerintah, gerilyawan, ninja, pejabat yang ingin berkuasa dan warga Jakarta. Masalah sosial yang terdapat dalam kumpulan naskah drama ini yaitu adanya pemerkosaan, penculikan, penganiayaan masyarakat Jakarta yang dilakukan oleh orang yang ingin menguasai negara Indonesia.

Permasalahan yang muncul adalah masalah sosial apa saja yang terdapat dalam kumpulan naskah drama Mengapa Kau Culik Anak Kami karya Seno Gumira Ajidarma, faktor-faktor apa saja yang memunculkan adanya masalah-masalah sosial dalam kumpulan naskah drama Mengapa Kau Culik Anak Kami karya Seno Gumira Ajidarma. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode analitik deskriptif dengan pendekatan sosiologi sastra. Hal ini menggambarkan tentang masalah-masalah dan faktor-faktor yang memunculkan adanya masalah sosial dalam kumpulan naskah drama mengapa Kau Culik Anak Kami karena karya sastra tidak bisa dipahami apabila dipisahkan dari lingkungan masyarakat.

Dalam penelitian ini yaitu masalah sosial pada tiga drama dalam kumpulan naskah drama Mengapa Kau Culik Anak Kami yaitu kejahatan, penindasan, pelacuran. Kejahatan terdapat dalam drama “Tumirah Sang Mucikari”, “Mengapa Kau Culik Anak Kami”, “Jakarta 2039”. Penindasan terdapat dalam drama “Tumirah Sang Mucikari”, dan pelacuran terdapat dalam drama “Tumirah Sang Mucikari”. Sedangkan faktor yang memunculkan adanya masalah sosial yaitu faktor psikologis, faktor alam, dan faktor biologis. Faktor psikologis terdapat dalam drama “Tumirah Sang Mucikari”, “Mengapa Kau Culik Anak Kami”, “Jakarta 2039”. Faktor alam dan faktor biologis hanya terdapat dalam drama “Tumirah Sang Mucikari”.

Hasil kerja ini diharapkan dapat memunculkan penelitian baru dari penelitian sastra, khususnya pada penelitian berbentuk drama atau sejenisnya. Hendaknya penelitian ini dapat memberikan kemajuan ilmu sastra yang dapat bermanfaat bagi pengajaran sastra. Bagi masyarakat hendaknya dapat mengambil hikmah dari masalah kejahatan, penindasan dan pelacuran.

Download

Masalah-masalah Sosial dalam Kumpulan Naskah Drama Mengapa Kau Culik Anak Kami Karya Seno Gumira Ajidarma, 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets