MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PENJUMLAHAN MELALUI BENDA KONKRIT DI KELAS RENDAH

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan PGKSD: MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PENJUMLAHAN MELALUI BENDA KONKRIT DI KELAS RENDAH

Nurul Aprilianti. 2006. Skripsi. Jurusan PGKSD, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sebagai mata pelajaran yang berat untuk dipelajari dari tingkatan Sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA). Sampai-sampai mendengar namanya saja anak didik sudah alergi. Apalagi mereka harus mengikuti pelajaran matematika di kelas, materi yang diajarkan guru mustahil dapat diserap baik oleh anak didik.

Kondisi semacam ini sudah berlangsung sejak lama, dan kita tidak dapat menyalahkan anak didik kita. Anak didik datang ke sekolah untuk menimba ilmu dari gurunya, tergantung bagaimana cara guru dalam menyampaikan pelajaran sangat menentukan keberhasilan anak didik dalam belajar.
Tugas sebagai guru sekolah dasar adalah bagaimana memaksimalkan pembelajaran matematika dengan metode yang tepat, yaitu metode yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan serta perkembangan anak didik sedini mungkin. Dengan metode yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan serta perkembangan, diharapkan mata pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang disukai oleh peserta didik di sekolah.
Pada kelas rendah biasanya anak masih kesulitan dalam membaca dan memaknai tanda-tanda / simbol-simbol dalam matematika. Menurut asumsi penulis dalam tahapan ini anak belum mampu mempelajari simbol itu dengan baik, maka simbol itu harus dikonkritkan. Untuk menanamkan simbol itu pada peserta didik, maka penulis mengembangkan konsep dengan menggunakan benda-benda konkrit unuk menyelidiki hubungan dan model-model ide abstrak. Biasanya pada tahapan ini anak sudah berfikir logis sebagai dampak dari kegiatan memanipulasikan benda-benda konkret (Piaget).
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik dan merasa perlu untuk memecahkan masalah tersebut. Untuk itu penulis memilih judul “Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Pada Penjumlahan MelaluiBenda konkrit di Kelas Rendah”.

Download

MEMAKSIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PENJUMLAHAN MELALUI BENDA KONKRIT DI KELAS RENDAH , 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets