MENGENAL ANAK GAGAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TK

This item was filled under [ Pendidikan Luar Sekolah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan PGTK: MENGENAL ANAK GAGAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TK

ENIK RETNO WULANDARI . 2006. Skripsi PGTK ,FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Pada masa anak usia TK biasanya mulai senang berbicara akan tetapi sering kali terjadi ketidakseimbangan antara kecepatan dalam berbicara dengan kecepatan berpikir. Anak sebenarnya ingin berbicara banyak, akan tetapi kemampuannya belum bisa memadai, jadi fungsi fisiologis belum sempurna, sehingga anak menjadi gagap.

Menurut Samuel A Kirk, (1962 : 310) Stuttering is generally Considered a disorder of rhythm. Actually, everyone has a different speech rhythm different timing of speech, different degrees of fluency, dan umumnya bukan saja artikulasi, terutama timbul dalam hubungannya dengan kualitas suara, nada suara dan kekuatan suara.
Metode penulisan yang digunakan dalam tugas akhir ini meliputi metode pendekatan penulisan yaitu untuk menggambarkan keadaan sesuatu atau status fenomena. Sedangkan metode pengumpulan data dimana yang dipergunakan adalah studi pustaka. Studi pustaka tersebut bersumber dari pustaka, buku, dokumen, dan lain-lain. Bahan pustaka berupa referensi yang disalin di perpustakaan dan buku-buku tentang gagap bicara.
Tugas akhir ini membahas tentang masalah pengenalan anak gagap dan pengaruhnya terhadap perkembangan bahasa anak usia TK. Gejala anak yang menderita gagap bicara antara lain bicaranya kelihatan bimbang, kata-katanya terputus-putus, kadang-kadang terhenti pada tiap suku kata, mengulangi kata yang sama dan memperpanjang bunyi. Tahap perkembangan bahasa secara umum dimulai dari anak usia bayi, anak usia dini, kemudian dilanjutkan pada anak usia sekolah. Penyebab anak menjadi gagap adalah karena trauma, nervous, pemaksaan menggunakan tangan kanan pada anak kidal, dorongan motorik bicara besar tetapi tidak ada yang hendak dikatakan. Cara mengatasinya yaitu dengan menenangkan hati anak, tidak memotong pembicaraan anak sewaktu berbicara walaupun terputus-putus, melakukan terapi bicara. Pengaruh gagap bicara terhadap perkembangan bahasa yaitu gagap bicara dapat memperlambat penguasaan kata dan pengucapannya tidak jelas.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa gagap pada umumnya akan hilang pada usia remaja tapi perlu ditangani sebaik mungkin. Peran seorang guru dan orang tua sangatlah penting dalam menghadapi perkembangan bahasa anak.
Saran-saran yang diajukan penulis yaitu hendaknya orang tua selalu memperhatikan setiap perkembangan bahasa anak supaya apabila terjadi gangguan terhadap bahasa anak bisa dengan cepat teratasi.

Download

MENGENAL ANAK GAGAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TK , 5.0 out of 5 based on 31 ratings
Tagged with: [ , , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets