MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXC SMP I JATI KUDUS SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI POKOK STATISTIKA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (32 votes cast)

Skripsi Jurusan Pendidikan Matemtaika: MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXC SMP I JATI KUDUS SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI POKOK STATISTIKA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS

DEWI KUSHANDAYANI ( 2007 ) Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Salah satu tujuan pembelajaran di sekolah adalah melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan. Agar tujuan pembelajaran tercapai, maka guru dengan segala daya upaya memilih model pembelajaran yang tepat untuk materi pelajaran yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diharapkan dapat menumbuh kembangkan kemampuan penalaran matematika siswa terutama pada materi pelajaran statistika. Dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning terdapat terdapat pendekatan konstruktivisme yang akan digunakan dalam penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IXC SMP I Jati Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2006/2007.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IXC SMP I Jati Kudus semester 1 tahun pelajaran 2006/2007, yang berjumlah 40 siswa. Guru pengajar yang melakukan penelitian dibantu seorang guru sebagai pengamat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I adalah 67,5% siswa mendapat nilai lebih dari 65,00 berarti belum memenuhi target ketuntasan yang ingin dicapai yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari 65,00. Nilai rata-rata sudah mencapai 74,00 ini menunjukkan ada beberapa siswa yang harus mendapat perhatian khusus.
Sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai lebih dari 65,00 sebanyak 75% dengan rata-rata kelas 76,00 jadi telah mencapai indicator keberhasilan, dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa.
Dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan kontekstual yang dibangun melalui konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXC semester I SMP I Jati Kudus tahun pelajaran 2006/2007 pada materi Statistika. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru matematika dapat meningkatkan peran aktif siswa dan kegiatan belajar, salah satunya dengan pembelajaran konstruktivisme.

Download

MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXC SMP I JATI KUDUS SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI POKOK STATISTIKA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS, 5.0 out of 5 based on 32 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets