Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Waktu, Jarak, dan Kecepatan Siswa SMP N 1 Jiken Kab. Blora Melalui Pendekatan Konstruktivisme

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Jurusan Pendidikan matematika : Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Waktu, Jarak, dan Kecepatan Siswa SMP N 1 Jiken Kab. Blora Melalui Pendekatan Konstruktivisme

Dewi Nuraini Wrediningsih. 2005, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang

Belajar matematika bukanlah suatu proses pengepakan pengetahuan secara hati-hati, melainkan tentang mengorganisasi aktivitas dan berfikir konseptual. Siswa diharapkan mengkonstruksi pengetahuannya menurut diri mereka sendiri dan peranan guru cenderung sebagai fasilitator. Dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa siswa SMP N 1 Jiken Kelas 2, mereka mengatakan kesulitan dalam belajar matematika, keterlibatan mereka dalam aktivitas belajar matematika rendah sehingga mengakibatkan pemahaman konsep rendah dan berdampak pada nilai matematika yang rendah. Berdasarkan hal tersebut, “apakah melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan waktu, jarak, dan kecepatan pada siswa SMP N 1 Jiken Kab. Blora?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan waktu, jarak, dan kecepatan pada siswa SMP N 1 Jiken Kab. Blora.

Metode dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa dan guru mata pelajaran matematika SMP N 1 Jiken Kab. Blora kelas 2C tahun pelajaran 2004 / 2005. Siswa dalam kelas tersebut berjumlah 39 orang, dimana rata-rata kelas nilai matematikanya 5,8. Cara pengambilan data pada penelitian ini dilakukan melalui kegiatan pengamatan dan tes pada setiap akhir siklus. Dan pada akhir siklus 2 dilakukan pengambilan data mengenai pembelajaran yang telah dilakukan melalui angket refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini jika: (1) ketuntasan belajar individual mencapai minimal 65% dan secara klasikal minimal 85%, (2) rata-rata kelas minimal 7,0, (3) terjadi peningkatan aktivitas belajar. Dalam pelaksanaan pendekatan konstruktivisme dilakukan melalui pemberian pertanyaan dan tugas yang telah dirancang yang mengarahkan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah: pada siklus 1 terdapat 15 siswa yang tidak tuntas dengan prosentase 38,9% dan terdapat 24 siswa yang tuntas dengan prosentase 61,5%, dimana nilai rata-rata kelas 6,6. Pada siklus 2, terdapat 5 siswa yang tidak tuntas dengan prosentase 12,8% dan terdapat 34 siswa yang tuntas dengan prosentase 87,2%, dimana nilai rata-rata kelas 7,8. Aktivitas dilaksanakan sangat baik sebesar 20% pada siklus 1 dan pada siklus 2 terjadi peningkatan, yaitu aktivitas dilaksanakan sangat baik sebesar 60%. Karena sudah mencapai indikator keberhasilan maka proses penelitian dihentikan pada siklus 2.

Simpulan yang diambil adalah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Saran yang digunakan, agar guru matematika dalam memberikan materi pelajaran matematika terutama pada pokok bahasan waktu, jarak, dan kecepatan hendaknya menggunakan pendekatan konstruktivisme.

Download

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Waktu, Jarak, dan Kecepatan Siswa SMP N 1 Jiken Kab. Blora Melalui Pendekatan Konstruktivisme, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets