MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006 PADA POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan Matematika : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006 PADA POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING

SILVIA AGUSTYANI . 2006. Skripsi. Jurusan Matematika , Fakultas MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, Universitas Negeri Semarang.

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih begitu banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sangat sulit. Ini terjadi karena dalam pembelajaran matematika di kelas kurang mengaplikasikan konsep dan matematisasi “Dunia Nyata”.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil presentasi belajar siswa kelas V SD Bendungan 01 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Alasan pemilihan judul skripsi ini adalah pelajaran matematika masih dianggap pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa sehingga hasil belajar matematika rendah. Supaya memudahkan siswa dalam memahami materi volum benda ruang kubus dan balok perlu bantuan alat peraga kubus dan balok transparan dengan pendekatan cooperative learning, karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membantu guru dalam menyampaikan pelajaran.
Penelitian pada skripsi ini mengungkapkan permasalahan, rendahnya hasil belajar matematika dalam penguasaan materi volum benda ruang kubus dan balok siswa SD Bendungan 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang.
Cara memperoleh data dengan metode tes pada akhir pokok bahasan melalui tes tertulis dan lembar pengamatan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika kelas yang dikenai tindakan memenuhi sekurang-kurangnya 80% siswa mendapat nilai minimal 65.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan sub pokok bahasan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada tes siklus I adalah 27,6% siswa mendapat nilai maksimal 64, 75 % siswa mendapat nilai minimal 65. Pada siklus II 8,3 % mendapat nilai maksimal 64, 91,6 % siswa mendapat nilai minimal 65 dan nilai rata-rata kelas 8,1, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga kubus dan balok transparan dengan pendekatan cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Oleh karena itu penulis menyarankan agar guru dalam pembelajaran matematika sebaiknya menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan cooperative learning sebagai alternatif terutama pada materi bangun ruang kubus dan balok.

Download

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006 PADA POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets