MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan matematika: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT

YUNIARSIH, 2006. Skripsi pendidikan matematika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukan kenyataan di lapangan bahwa siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang, nilai rata-rata siswa dalam tiga tahun terakhir < 6,0 untuk pelaaran atematika khususnya pada pokok bahasan pecahan. Oleh karena itu muncul gagasan bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2005 / 2006. Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga kertas lipat. Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti jalannya pelajaran dan untuk mengurangi kesalah pahaman siswa terhadap materi pelajaran khususnya pada pokok bahasan pecahan.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi hasil tes dan pengamatan. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa secara individual mengerjakan soal tes mendapat nilai > 6,0.
Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebanyak 68,4 %. Nilai pada siklus I ini belum memenuhi indikator yang diharapkan, oleh karena itu perlu diulang pada siklus II. Hasil perolehan dari
sikus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebanyak 86,8 %. Nilai pada siklus II ini juga belum memenuhi indikator yang diharapkan sehingga perlu diulang lagi pada siklus III. Adapun hasil perolehan siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebanyak 100 %. Hasil ini sesuai dengan indikator yang diharapkan, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil.
Simpulan peneliti bahwa mengajar dengan menggunakan alat peraga kertas lipat pada pokok bahasan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang.
Berdasarkan simpulan diatas disarankan bahwa bagi guru SD dalam memberi pelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan hendaknya menggunakan alat peraga kertas lipat karena dengan menggunakan alat peraga kertas lipat penanaman konsep pecahan akan lebih mudah dipahami siswa.

Download

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets