MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DENGAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Pendidikan matematika : MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DENGAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN

MUHAMMAD MASRUCHIN. 2005., Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang.

Beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Grabag adalah hasil belajar siswa rendah, dan aktifitas siswa dalam belajar masih kurang. Berdasar pengalaman ketuntasan belajar siswa sering di bawah 65%, nilai raport matematika rendah, kemampuan menyelesaikan persamaan masih kurang. Untuk itu penelitian ini mengambil pokok bahasan persamaan linier satu variabel, karena kaitan pokok bahasan ini dengan pokok bahasan yang lain sangat erat. Matematika bersifat abstrak, kadang sulit dipahami oleh siswa untuk itu perlu alat peraga, kartu variabel dan kartu bilangan adalah salah satu alat peraga pada pembelajaran persamaan linier.

Permasalahan pada penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran dengan berbantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel, meningkatkan aktifitas siswa dan meningkatkan hasil belajar?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktifitas siswa, meningkatkan hasil belajar, dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan persamaan linier.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Grabag, Kabupaten Magelang tahun 2004/2005, berjumlah 40 anak. Adapun yang diamati dalam penelitian ini meliputi: keaktifan belajar, keterampilan menyelesaikan soal dan hasil belajar. Pengambilan data dengan pengamatan langsung pada anak maupun analisis terhadap hasil tes/pekerjaan siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi aktifitas siswa dengan baik pada tiap siklusnya, kemahiran/keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal dapat ditingkatkan dan hasil belajar siswa baik artinya ketuntasan belajarnya tinggi. Siklus I keaktifan 97,5%, keterampilan 80%, hasil belajar dengan ketuntasan 80%. Siklus II keaktifan 97,5%, keterampilan 93% hasil belajar dengan ketuntasan 70%, Siklus III keaktifan 100%, keterampilan 100% dan hasil belajar dengan ketuntasan 77,5%. Kesimpulannya bahwa pembelajaran pokok bahasan persamaan linier satu variabel dengan berbantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan, aktifitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat. Untuk itu disarankan bagi guru matematika SMP Negeri 2 Grabag yang mengajar kelas VII pembelajaran pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel menggunakan kartu variabel dan kartu bilangan.

Download

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DENGAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN, 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets