Meningkatkan Ketrampilan Siswa Tentang FPB dan KPK kelas V melalui teori Bruner

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan PGKSD : Meningkatkan Ketrampilan Siswa Tentang FPB dan KPK kelas V melalui teori Bruner

Ida Catur Septiningsih , 2006. Skripsi Jurusan PROGRAM PENDIDIKAN GURU KELAS SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2006

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan setiap jenjang pendidikan. Matematika adalah suatu bidang ilmu yang melatih penalaran supaya berpikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Mempelajarinya memerlukan cara tersendiri karena matematika pun bersifat khas yaitu abstrak, konsisten, hierarki, berpikir deduktif. (Herman Hudojo, 1988 : 3). Sementara itu siswa dalam suatu kelas mempunyai karakteristik yang beragam, seperti kemampuan kognitif , kondisi sosial ekonomi, dan minat terhadap matematika untuk siswa SD, menurut Piaget masih berada pada masa operasional konkret. Dengan mengetahui kekhasan matematika dan karakteristik siswa, dapat diupayakan cara-cara yang sesuai dengan pembelajarannya sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai, baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Peranan seorang guru sangat penting dalam hal ini. Guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang menarik dan dapat dipahami siswa dengan baik sehingga matematika menjadi pelajaran yang diminati dan dikuasai oleh siswa. Seorang guru juga perlu memberikan bimbingan belajar terhadap siswa baik yang “berkekurangan” maupun yang “berlebihan”. Akan tetapi tidak semua guru memperhatikan hal ini, padahal dari hasil penelitian selama PPL II di SD koalisi Nasional Ngaliyan 01 hasil belajar matematika pada pokok bahasan menghitung FPB dan KPK si “An” kelas IV nilainya selalu kurang dari teman-temannya, penyebabnya ada 2 kemungkinan, yaitu kekurangan minat belajar siswa dan kurangnya pemahaman konsep yang dikuasai anak.
Oleh karena itu kita sebagai guru berperan sebagai motivator, komunikator dan fasilitator dalam pencapaian hasil belajar pada siswa

Download

Meningkatkan Ketrampilan Siswa Tentang FPB dan KPK kelas V melalui teori Bruner, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets