MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IQRO’ PADA MATERI PRINSIP-PRINSIP KLASIFIKASI, VIRUS DAN MONERA DI MAN 2 SEMARANG.

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Biologi : MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IQRO’ PADA MATERI PRINSIP-PRINSIP KLASIFIKASI, VIRUS DAN MONERA DI MAN 2 SEMARANG.

Lilis Karyani , 2006, Skripsi,JURUSAN Biologi , FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2006

Hasil observasi awal di MAN 2 Semarang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk materi Prinsip-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera relatif selalu lebih rendah dibandingkan dengan materi yang lain pada semester 1. Selain itu, pembelajaran selama ini masih secara tekstual dan belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai obyek belajar. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan strategi pembelajaran, sebagai alternatifnya yaitu diterapkan model pembelajaran Iqro’ melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS).

Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XB MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2005/ 2006. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dan tiap siklus memiliki tahapan sebagai berikut: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi.
Indikator keberhasilan penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman siswa yang dibuktikan dengan perolehan hasil belajar dengan standar ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 85% siswa memperoleh nilai = 65.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Peningkatan tersebut meliputi nilai rata-rata kelas pada siklus I 35, 58 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 4, 65%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75, 93 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83, 72%. Pada siklus III didapatkan nilai rata-rata kelas 79, 67 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88, 37%. Sedangkan untuk aktivitas siswa dan guru sudah baik, artinya kegiatan guru dan siswa sudah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat.
Dari hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model pembelajaran Iqro’ mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas XB MAN 2 Semarang pada materi Prinsip-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera.
Meningkatnya pemahaman siswa ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa secara yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya sosialisasi kepada siswa dan guru mengenai penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model pembelajaran Iqro’ sebelum penelitian dilakukan agar hasilnya lebih optimal. Selain perlu diadakan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Iqro’ pada materi lain yang memiliki permasalahan yang mirip dengan Prinsip-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera.

Download

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IQRO’ PADA MATERI PRINSIP-PRINSIP KLASIFIKASI, VIRUS DAN MONERA DI MAN 2 SEMARANG. , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets