MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWAKELAS V SD NEGERI SEKARAN 02 TAHUN PELAJARAN 2006/2007DALAM MATERI BILANGAN BULAT MELALUI IMPLEMENTASIKURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DENGAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASISPENGGUNAAN ALAT PERAGA

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (33 votes cast)

Skripsi Jurusan matematika: MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWAKELAS V SD NEGERI SEKARAN 02 TAHUN PELAJARAN 2006/2007DALAM MATERI BILANGAN BULAT MELALUI IMPLEMENTASIKURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DENGAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASISPENGGUNAAN ALAT PERAGA

Maya Kurniawati. 2007. Skripsi matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Pendekatan kontekstual adalah konsep pembelajaran yang membantu gurumengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa danmendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki denganpenerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan melibatkan tujuh komponenutama pembelajaran efektif, yaitu konstruktivisme (constructivism), bertanya(questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning comunity),pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authenticassesment). Pembelajaran yang selama ini dilakukan di kelas V SD NegeriSekaran 02 masih belum memuaskan. Dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa tahunpelajaran 2005/2006 pada materi bilangan bulat yaitu 5,8. Oleh karena itudilakukan inovasi pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Strategi yangdipandang mampu untuk meningkatkan kompetensi dasar siswa adalah denganmengimplementasikan KBK dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching andLearning berbasis penggunaan alat peraga.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan (1)hasil belajar dan (2) aktivitas siswa, kelas V SD Negeri Sekaran 02 tahunpelajaran 2006/2007 pada materi bilangan bulat dengan mengimplementasikanKurikulum Berbasis Kompetensi dengan pendekatan CTL berbasis penggunaanalat peraga?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan (1) hasilbelajar dan (2) aktivitas siswa, kelas V SD Negeri Sekaran 02 tahun pelajaran2006/2007 pada materi bilangan bulat melalui implementasi Kurikulum BerbasisKompetensi dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)berbasis penggunaan alat peraga.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing terdiridari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan,dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sekaran 02tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 12 siswa, dengan komposisi 8 siswalaki-laki dan 4 siswa perempuan.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) tercapainya tujuanke-1 penelitian ini, ditandai dengan terlampauinya skor minimal ketuntasanbelajar dalam mengerjakan soal tes/ulangan di akhir siklus III yaitu lebih dari 6,5dan ketuntasan kelas dalam mengerjakan soal-soal harus di atas 65%, (2)tercapainya tujuan ke-2 penelitian ini, ditandai dengan persentase aktivitas siswadalam mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL > 65%, (3)Siswa mampu mengerjakan LKS kontekstual dengan rata-rata diatas 8.Setelah dilakukan PTK, hasil nilai rata-rata kuis pada siklus I 4,75, siklusII 5,75, siklus III 7,92 dan hasil tes akhir 7,17 dengan ketuntasan klasikal siklus I16,67%, siklus II 50%, siklus III 83,33%, dan tes akhir 83,33%. Dan rata-rata nilaiLKS pada siklus I 8,12, siklus II 5,33, dan siklus III 9,77. Sedangkan aktivitassiswa siklus I pertemuan I 41,67%, pertemuan II 43,33%, siklus II pertemuan I40%, pertemuan II 60% dan siklus III pertemuan I 75%, pertemuan II 75%. Halini sudah di atas indikator keberhasilan yang diharapkan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan dengandengan mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi denganpendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis penggunaan alatperaga maka kompetensi dasar siswa kelas V SD Negeri Sekaran 02 pada materiBilangan bulat dapat ditingkatkan.
Diharapkan guru SD Negeri Sekaran 02/peneliti lain dapat melanjutkanpenelitian untuk mendapatkan temuan yang lebih terpercaya. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini masih merupakan instrumen yang tingkatvalidasinya belum memuaskan, penelitian berikutnya dapat mencoba denganinstrumen yang lebih standar (mempunyai tingkat kesukaran yang sedang, reliabeldan mempunyai daya pembeda). Pembelajaran matematika dengan pendekatanCTL dan penggunaan media visualisasi berupa alat peraga dapat meningkatkankompetensi dasar siswa, sekolah dengan karakteristik dan masalah pembelajaranyang relatif sama dapat menerapkan strategi serupa.

Download

MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWAKELAS V SD NEGERI SEKARAN 02 TAHUN PELAJARAN 2006/2007DALAM MATERI BILANGAN BULAT MELALUI IMPLEMENTASIKURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DENGAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASISPENGGUNAAN ALAT PERAGA, 4.9 out of 5 based on 33 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets