Meningkatkan Penguasaan Materi Lingkaran I dengan Latihan Mandiri pada Siswa Kelas 2B SMP Islam Bawen Tahun Pelajaran 2004/2005

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi pendidikan matematika: Meningkatkan Penguasaan Materi Lingkaran I dengan Latihan Mandiri pada Siswa Kelas 2B SMP Islam Bawen Tahun Pelajaran 2004/2005

Herawati Nurnaningsih. 2005. skripsi Jurusan pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang..

Seiring dengan perkembangan sistem pendidikan di Indonesia seorang guru dituntut mampu mengembangkan wawasan serta kreatif. Sebagai fasilitator guru harus mampu berkreasi dalam menyampaikan materi pelajaran. Guru harus jeli terhadap kompetensi yang dimiliki anak didiknya, sehingga tidak terjadi salah arah dalam mengembangkan potensi anak didiknya.
Dalam melaksanakan fungsinya sebagai fasilitator tersebut guru memiliki berbagai strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, baik dilaksanakan secara individu maupun dilaksanakan secara kelompok. Strategi mengajar tersebut merupakan suatu cara agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara maksimal. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan tidaklah semulus dengan apa yang telah direncanakan. Kenyataannya banyak siswa yang tidak dapat menguasai materi pelajaran, terutama mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional. Dengan standar kelulusan 4,26 kebanyakan siswa tidak lulus karena nilai matematikanya kurang dari 4,26. Dari kenyataan tersebut penulis melakukan penelitian tindakan kelas yang mengembangkan suatu strategi mengajar dengan nama Latihan Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi Lingkaran I sub pokok bahasan Keliling Lingkaran.
Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengacu pada metodologi action research, yaitu (1) persiapan tindakan, (2) perencanaan, (3) implementasi tindakan, (4) pengamatan dan evaluasi, (5) refleksi, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Latihan mandiri merupakan suatu latihan soal dengan cara siswa membuat soal beserta penyelesaiannya setelah mendapat materi dari disertai dengan contoh dan cara menyelesaikannya.
Hasil latihan mandiri siklus 1 menunjukkan bahwa ketrampilan siswa dalam membuat soal beserta penyelesaiannya sebesar 84,62 %, dan hasil latihan pada siklus 2 ketrampilan siswa mencapai 92,86 %. Sedangkan rata-rata hasil tes siklus 1 = 6,35 dan rata-rata hasil tes siklus 2 = 7,60.Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa latihan mandiri dapat meningkatkan penguasaan materi Lingkaran I sub pokok bahasan Keliling Lingkaran bagi siswa kelas 2B SMP Islam Bawen Kabupaten Semarang. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Perbanyak latihan agar siswa lebih mudah dalam menguasai materi,
perhatikan intensitas latihan mandiri agar siswa tidak mengalami kejenuhan,
guru harus trampil dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.

Download

Meningkatkan Penguasaan Materi Lingkaran I dengan Latihan Mandiri pada Siswa Kelas 2B SMP Islam Bawen Tahun Pelajaran 2004/2005, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets