Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Quantum Teaching bidang Studi IPA Kelas III

This item was filled under [ Teknologi Pendidikan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan :  Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Quantum Teaching bidang Studi IPA Kelas III

Nur Cahyono, Andrian. 2005, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, FakultasIlmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Penyajian dalam pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching, karena strategi tersebut bisa diterapkan di SD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati..

Penelitian dilakukan di SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa Kelas III SD. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode Quantum Teaching sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikatnya. Data diambil menggunakan teknik tes, dan observasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakukan adalah 6,1. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 6,6, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 7,3 dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,9. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Quantum Teaching tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 7,3. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung =6,935 > ttabel 1,77. Hal ini berarti metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri Gunungsari 01, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.

Mengacu dari hasil penelitian, metode pembelajaran Quantum Teaching mampu meningkatkan hasil belajar maka penulis mengajukan saran sebagai berikut: 1) Sebagai bahan pertimbangan hendaknya guru IPA kelas III SD dapat ix melakukan pembelajaran IPA untuk kelas III SD dengan menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching, sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal 2) Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk memungkinkan diadakannya penelitian lebih lanjut sehingga diperoleh kemampuan yang lebih tinggi.

Download

Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Quantum Teaching bidang Studi IPA Kelas III, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets