MENUMBUHKANKEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA 4 – 6 TAHUN

This item was filled under [ Psikologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan PGTK: MENUMBUHKANKEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA 4 – 6 TAHUN

Sisca Puspitasari , 2006, Skripsi Jurusan PGTK ,FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Setiap perkembangan anak merupakan suatu perkembangan yang kompleks, dapat terbentuk hanya dari diri anak saja tetapi juga lingkungan tempat tinggal anak, lingkungan yang pertama dan paling berpengaruh adalah lingkungan keluarga, dimana orang tua sangat berperan di dalamnya. Dapat kita lihat saat ini banyak orang tua yang kerap meletakkan harapan-harapan yang terlalu tinggi pada anak mereka. padahal seharusnya harapan itu disesuaikan dengan kemampuan anak itu sendiri. Bila kemampuan anak tidak sampai pada yang diharapkan orang tua, akibatnya anak akan sering mendapat kritikan, rasa takut, kekecewaan. Hal ini mengakibatkan anak kehilangan rasa kepercayaan pada kemampuan dirinya sendiri.

Percaya diri merupakan salah satu pangkal dari sikap dan perilaku anak. Apabila anak tidak mempunyai rasa percaya diri, anak akan merasa malu kapan dan dimana saja bila dia tampil, dan tidak berani untuk bergaul, anak juga tidak berani untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya kepada orang lain. Karena hal tersebut mengakibatkan kemampuannya tidak berkembang. Tentu setiap orang tua tidak menginginkan hal seperti ini terjadi pada anak-anak mereka.
Anak akan tumbuh dengan ketika semua kebutuhan mereka terpenuhi karena mereka merasa penting dan berarti. Ketika mereka merasa aman, kompeten dan mampu, ketika mereka didengarkan, terutama sebagai sumber kewenangan sehubungan dengan diri mereka sendiri, dan ketika mereka bisa mengembangkan bakat, mereka tumbuh besar dengan perasaan kuat dalam diri mereka dan percaya diri. Kebalikannya, jika kebutuhan dasar anak tidak dipenuhi, ia akan merasa diabaikan, tersisih, tidak pantas mendapat perhatian dan sangat malu. Rasa percaya diri anak juga dapat hilang yang disebabkan dari diri anak itu sendiri, melalui keadaan fisik anak yang juga mempengaruhi rasa percaya diri anak, rasa sakit atau dalam keadaan tidak sehat anak akan kehilangan semangat dan percaya dirinya.
Anak-anak yang hidup di masa ini sangat memerlukan rasa percaya diri. Agar rasa percaya diri anak tumbuh sebaiknya orang tua lebih memperhatikan anak, misal dengan meluangkan waktu bersama anak, jangan menaruh harapan yang tinggi kepada anak jika tidak sesuai dengan kemampuan anak dan hindari sikap over protective.
Memenuhi kebutuhan anak atas kedekatan, bantuan, rasa hormat, memerlukan waktu dan usaha yang sungguh-sungguh. Tetapi jika kita tidak melakukan usaha itu, orang tua sepertinya harus bekerja lebih keras lagi dikemudian hari untuk mengatasi stress emosional yang diakibatkan hal itu.

Download

MENUMBUHKANKEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA 4 – 6 TAHUN , 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets