Metoda Pemrograman Pada Konveyor Dengan Fungsi Pencacah Barang Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON Tipe CPM 1A 20 I/O

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (33 votes cast)

skripsi jurusan Teknik Mesin: ”Metoda Pemrograman Pada Konveyor Dengan Fungsi Pencacah Barang Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON Tipe CPM 1A 20 I/O”

Muhammad Daud, 2009. Skripsi Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Peralatan dengan sistem pneumatik sekarang ini telah memegang peranan penting sebagai alat bantu dalam peningkatan atau rasionalisasi produk dalam pembuatan dan pengolahan benda kerja, dari pabrik air minum sampai pabrik besar seperti pembuatan mobil yang semuanya itu menggunakan peralatan dan permesinan yang bekerja dengan menggunakan sistem pneumatik.

Dalam memproduksi suatu barang dilakukan otomatisasi (otomasi), hal ini diperlukan untuk mengurangi tenaga manusia guna mencapai produktivitas yang menggunakan peralatan-peralatan bantu yang menggunakan sistem pneumatik dengan sistem kontrol Programmable Logic Controller (PLC). Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perlu dirancang sebuah sistem kendali berbasis PLC serta bagaimana program yang sesuai dengan kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi.
Berdasar permasalahan tersebut maka dibuatlah alat berupa robot lengan berpenggerak motor dan pneumatik beserta konveyor yang dikendalikan oleh PLC Omron CPM 1A 20 I/O. Kemudian diprogram dengan fungsi pencacah barang menggunakan software Syswin.
Dalam proyek ini didapatkan sebuah desain sistem kendali yang mampu memindahkan barang sekaligus mencacahnya dan menampilkan data secara langsung pada display. Komponen-komponennya berupa PLC, rangka lengan, silinder pneumatik, motor, konveyor, katup, relay, sensor dan komponen-komponen pendukung lainnya. Pengalamatan pada controller ini berjalan berdasar Ladder yang telah dibuat dengan software Syswin. Dan pengalamatan ini berjalan dengan baik setelah dilakukan beberapa uji coba dan penyesuaian.

Download

Metoda Pemrograman Pada Konveyor Dengan Fungsi Pencacah Barang Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) OMRON Tipe CPM 1A 20 I/O, 4.9 out of 5 based on 33 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets