METODE BERMAIN PERAN DAN MEDIA VARIATIF SEBAGAI ALTERNATIF PENGEFEKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN PKPS PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 SEMARANG

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan PGKSD: METODE BERMAIN PERAN DAN MEDIA VARIATIF SEBAGAI ALTERNATIF PENGEFEKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN PKPS PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 SEMARANG

RIF RAKHMAN . 2006. Skripsi Jurusan PGKSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Sekolah Dasar sebagai jenjang pertama yang harus dilalui oleh anak dalam mendapatkan berbagai ilmu mempunyai peran vital dan krusial.SD begitu akronimnya, memberikan dasar-dasar penguasaan berbagai disiplin ilmu yang kelak akan mengantarkan siswa ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Tak terkecuali mata pelajaran PKPS salah satu pelajaran yang telah berkali-kali mengalami perubahan nama dari tahun ke tahun dalam dunia pendidikan dasar .
Diilhami dari apa yang disampaikan oleh Ahmad Sugandi ( 2004:7 ) bahwa dalam pembelajaran kuantum ada dua hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran, yaitu pemercepatan belajar dan fasilitas. Menurut Henderson, dkk. ( 1976 ) melalui studinya berkesimpulan bahwa kecerdasan berkorelasi positif dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan menurut Dr. Howard Gardner setiap anak itu pintar dan masing-masing memiliki tipe kecerdasan dominan yang berbeda.
Dalam pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), pemercepatan belajar dan fasilitas belajar dapat diwujudkan dengan penghadiran media pembelajaran yang tepat sedangkan untuk pengefektifan pembelajaran dapat kita gunakan metode bermain peran atau Role Playing ( Sumantri Mulyani, 2000:8 ).
Metodologi penulisan tugas akhir dengan metode yang urut yaitu prosedur pengumpulan data, pengolahan data, analisis sintetis, simpulan dan rekomendasi.
Paparan hasil akan membahas secara detail pelaksanaan metode Role Playing dan penggunaan media yang variatif dalam memfasilitasi masing-masing siswa yang mempunyai tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Dari berbagai kecerdasan yang ada ( 8 kecerdasan ) pembahasan akan dibatasi hanya tiga kecerdasan yaitu kecedasan matematis, bahasa dan kinestetik. Demikian pula bagaimana penerapan pemaduan metode bermain peran dan media variatif dalam proses pembelajaran PKPS kelas V Sekolah Dasar dalam gambaran yang nyata.
Dalam akhir bagian tugas akhir ini menunjukkan simpulan mengenai hasil dari pemecahan masalah pada pembahasan terlebih dahulu, yaitu mengenai kekuaatan pemaduan metode Role Playing dan penggunaan media variatif.

Download

METODE BERMAIN PERAN DAN MEDIA VARIATIF SEBAGAI ALTERNATIF PENGEFEKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN PKPS PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 SEMARANG, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets