Metode Dekomposisi Untuk Meramalkan Jumlah Penumpang Kereta Api Tahun 2005 Di Stasiun Pekalongan Kabupaten Pekalongan.

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

Tugas Akhir Program Studi Statistika Terapan dan Komputasi: Metode Dekomposisi Untuk Meramalkan Jumlah Penumpang Kereta Api Tahun 2005 Di Stasiun Pekalongan Kabupaten Pekalongan.

Herni Setiyowati, 2005. Tugas Akhir Program Studi Statistika Terapan dan Komputasi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang..

Permasalahan Tugas Akhir (TA) ini bagaimana penggunaan metode dekomposisi dalam menganalisis jumlah penumpang kereta api tahun 2000-2004 di Stasiun Pekalongan dan bagaimana prediksi jumlah penumpang kereta api tahun 2005 di Stasiun Pekalongan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode dekomposisi dalam menganalisis jumlah penumpang kereta api tahun 2000-2004 di Stasiun Pekalongan dan untuk mengetahui prediksi jumlah penumpang kereta api tahun 2005 di Stasiun Pekalongan.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data jumlah penumpang kereta api tahun 2000-2004 dan metode literatur untuk memperoleh data dari buku, catatan dan laporan yang menunjang penyusunan tugas akhir ini. Data yang diperoleh dari Stasiun Pekalongan tersebut kemudian dianalisis dengan metode dekomposisi sebagai forecasting jumlah penumpang kereta api tahun 2005. Langkah-langkah untuk meramalkan jumlah penumpang kereta api tahun 2005 sebagai berikut : menentukan jumlah penumpang kereta api, mencari persamaan trend, mengubah bentuk persamaan trend, menentukan indeks musim dengan metode persentase terhadap trend, menentukan variasi siklis dan menghitung prediksi jumlah penumpang kereta api tahun 2005. Setelah langkah-langkah tersebut ditempuh maka didapat hasil prediksi jumlah penumpang kereta api tahun 2005 sebagai berikut : kelas eksekutif sebesar 33175 penumpang, kelas bisnis sebesar 21909 penumpang, dan kelas ekonomi sebesar 30736 penumpang.
Dari hasil prediksi ketiga kelas di atas, yaitu kelas eksekutif, kelas bisnis dan kelas ekonomi pada tahun 2005 didapat jumlah penumpang kereta api yang paling banyak adalah penumpang kereta api kelas eksekutif dengan jumlah 33175 penumpang. Oleh karena itu, disarankan agar pimpinan PT. Kereta Api Stasiun Pekalongan mempertimbangkan kebijakan-kebijakan yang diambil di masa yang akan datang dengan mempertimbangkan hasil peramalan

Download

Metode Dekomposisi Untuk Meramalkan Jumlah Penumpang Kereta Api Tahun 2005 Di Stasiun Pekalongan Kabupaten Pekalongan., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets