METODE PEMBELAJARAN LAGU DAERAH JAWA TENGAH DI SMP NEGERI 2 SEMARANG

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan Sendratasik : METODE PEMBELAJARAN LAGU DAERAH JAWA TENGAH DI SMP NEGERI 2 SEMARANG

Sudaryono , 2006, Skripsi,pendidikan Sendratasik ,FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Pembelajaran musik daerah Jawa Tengah yang direncanakan dengan baik oleh guru, akan berlangsung secara optimal dan efektif jika antara guru dan siswa terdapat komunikasi yang baik. Fasilitas yang diberikan guru kepada siswa yaitu dengan cara memberikan perhatian dan Pelaksanaan metode pembelajaran yang efektif akan mempermudah siswa dalam menerima serta memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari. Oleh karena itu permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pelaksanaan dan metode apa sajakah yang digunakan dalam pembelajaran musik daerah Jawa Tengah di SMP Negeri 2 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran musik daerah Jawa Tengah di SMP Negeri 2 Semarang.

Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah : Sebagai acuan bagi guru seni budaya dalam menentukan metode yang tepat dan menarik dalam pembelajaran musik daerah Jawa Tengah. Sebagai masukan bagi mahasiswa jurusan Sendratasik dalam menggunakan metode pada pembelajaran musik daerah Jawa Tengah pada Sekolah Menengah Pertama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Semarang. Sasaran penelitian adalah Pelaksanaan metode pembelajaran musik daerah Jawa Tengah di kelas akselerasi SMP Negeri 2 Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan cara mendeskripsikan dan menyimpulkan sesuai dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam pembelajaran musik daerah Jawa Tengah di SMP Negeri 2 Semarang, metode pembelajaran yang digunakan adalah gabungan dari metode ceramah, demonstrasi, latihan, tutor sebaya, ekspresi bebas, life skill dan metode pemberian tugas.

Download

METODE PEMBELAJARAN LAGU DAERAH JAWA TENGAH DI SMP NEGERI 2 SEMARANG , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets