Metode Serial Data untuk Memperkirakan Debit Banjir Tahunan Rata-Rata (Mean Annual Flood) di Daerah Pengaliran Sungai (DPS) Serayu-Citanduy Kabupaten Banyumas Tahun 1997-2006

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (32 votes cast)

Skripsi Jurusan statistika: Metode Serial Data untuk Memperkirakan Debit Banjir Tahunan Rata-Rata (Mean Annual Flood) di Daerah Pengaliran Sungai (DPS) Serayu-Citanduy Kabupaten Banyumas Tahun 1997-2006

Laeli Nur Baeti, 2007. Skripsi statistika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Penggunaan metode statistik banyak digunakan dalam berbagai bidang penelitian. Adapun salah satu contoh penggunaan metode statistik dalam bidang ilmu pengetahuan adalah pada bidang hidrologi.

Permasalahan yang akan dipecahkan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut. Pertama, Bagaimanakah aplikasi metode statistik digunakan dalam bidang hidrologi khususnya untuk menghitung MAF? Kedua, Metode statistik apa yang digunakan untuk menghitung MAF? Ketiga, Apakah perlunya periode ulang dari debit banjir Sungai Serayu-Citanduy diketahui?.
Penghitungan MAF dalam kegiatan ini menggunakan Metode Serial Data. Perhitungan MAF dengan metode ini dilakukan apabila tersedia data debit banjir minimal 10 tahun data runtut waktu. Metode statistik yang digunakan dalam analisis data kegiatan ini adalah: rata-rata hitung, median, standart deviasi/simpangan baku, standart error (SE), dan koefisien variansi.
Pengambilan data dalam kegiatan ini dilakukan dengan cara mengambil langsung data dari Balai PSDA Serayu-Citanduy Purwokerto. Dari hasil pengambilan data yang telah dilakukan, hanya diperoleh data yamg mempunyai rentang waktu 10 tahun, yaitu dari tahun 1997 sampai tahun 2006. Maka metode yang digunakan untuk menganalisis data untuk menghitung MAF-nya adalah dengan menggunakan Metode Serial Data (Data Series), dan karena tidak tersedia data yang lebih panjang, maka akan dihitung debit pada periode tertentu (QT) dengan menggunakan faktor pembesar MAF.
Dari analisis data diperoleh nilai MAF sebesar 319,431 m3/dtk, dengan nilai koefisien variansinya adalah sebesar 1,02 atau 102%. Sesuai dengan teori dalam hidrologi, bahwa semakin besar nilai koefisien variansinya, maka data bersifat heterogen atau kurang merata, sedangkan jika nilai koefisien variansi semakin kecil maka data bersifat homogen atau merata, sehingga dapat dikatakan bahwa data debit banjir dari tahun 1997 sampai tahun 2006 bersifat heterogen atau tidak merata, dalam artian bahwa data debit banjir di DPS Serayu-Citanduy mulai tahun 1997-2006 terjadi perbedaan yang signifikan atau terdapat perbedaan data debit banjir yang sangat jauh di tiap tahunnya.
Analisis data didapatkan bahwa semakin besar periode ulang, maka akan diperoleh debit banjir dan faktor pembesar yang semakin besar pula.
Karena di DPS Serayu-Citanduy tidak terdapat data debit banjir yang lebih besar maka pemerintah setempat tidak harus melakukan perbaikan saluran aliran sungai.
Untuk penelitian yang akan datang diharapkan agar mencari faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya debit puncak banjir.

Download

Metode Serial Data untuk Memperkirakan Debit Banjir Tahunan Rata-Rata (Mean Annual Flood) di Daerah Pengaliran Sungai (DPS) Serayu-Citanduy Kabupaten Banyumas Tahun 1997-2006, 4.9 out of 5 based on 32 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets