Mikrohabitat dan Relung Ekologi Hama Walang Sangit dan Belalang pada Tanaman Sawah

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan biologi: Mikrohabitat dan Relung Ekologi Hama Walang Sangit dan Belalang pada Tanaman Sawah

Agung Sepdia Budiharsanto. 2006. Skripsi biologi, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Serangga hama walang sangit dan belalang yang makan tanaman padi hanya makan pada bagian tertentu serta mendiami tempat yang paling sesuai bagi pemenuhan persyaratan hidupnya. Populasi berbagai jenis serangga dengan keperluan sumber daya yang sama, tidak dapat berkoeksistensi dengan keperluan sumber daya yang menyebabkan terjadinya pemisahan relung ekologi. Permasalahan yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemisahan mikrohabitat dan relung ekologi serangga serta bagaimanakah perkembangan hama walang sangit dan belalang pada tanaman padi selama fase vegetatif dan fase generatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemisahan mikrohabitat dan relung ekologi serangga serta mengetahui perkembangan populasi hama walang sangit dan belalang dalam fase vegetatif dan fase generatif pada tanaman padi.

Penelitian dilaksanakan di lahan sawah perumahan Sri Gading desa Sekaran seluas 5 m x 6 m Kecamatan Gunung Pati, Kodya Semarang pada bulan Juni-Juli 2005. Populasi dalam penelitian ini adalah hama walang sangit dan belalang pada area tanaman padi, dan sampelnya adalah hama walang sangit dan belalang yang dijumpai pada bagian batang, daun, dan buah pada fase generatif dengan luas lahan 5m x 6 m.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mikrohabitat hama walang sangit adalah pada bagian buah sedangkan mikrohabitat hama belalang adalah pada bagian daun dan hama walang sangit pada bagian buah tanaman padi. Relung aktivitas pada serangga hama walang sangit dan belalang adalah diurnal. Populasi hama walang sangit berkembang pesat pada saat tanaman padi memasuki fase masak susu, sedangkan hama belalang pada saat tanaman padi yang masih berdaun muda. Mengingat jenis serangga hama yang sama dapat menempati relung yang berbeda, penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada tempat dan waktu yang berbeda.

Download

Mikrohabitat dan Relung Ekologi Hama Walang Sangit dan Belalang pada Tanaman Sawah, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets