Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

Maman Suryaman, 2005. Skripsi Teknologi Elektro , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Menjadi pengusaha merupakan alternatif pilihan yang tepat. Paling tidak, dengan berwirausaha berarti menyediakan lapangan kerja bagi diri sendiri tidak perlu bergantung kepada orang lain dan apabila usahanya semakin maju akan membuka lapangan kerja bagi orang lain. Kampus merupakan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi dan menjadikan kampus sebagai tempat menempa diri sendiri serta meningkatkan skill. Kampus memberikan Peluang menguasai bidang ilmu yang dapat mendukung usaha. Bertolak dari pemikiran tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang”. Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi mengenai tingginya minat berwirausaha yang dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang semester I, III, V, dan semester VII dengan jumlah 123 mahasiswa. Sampel diambil secara proportional random sampling dan dari populasi sebanyak 123 mahasiswa diambil 25% atau 32 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini yaitu minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Data diambil melalui metode angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptis persentase.
Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh skor rata-rata sebesar 97,5 dengan persentase 71,7% dan termasuk kategori tinggi. Ditinjau dari minat berwirausaha masing-masing mahasiswa diketahui ada 81,25% mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha tinggi, 6,25% memiliki minat berwirausaha sangat tinggi dan 12,50% memiliki minat berwirausaha cukup tinggi. Diantara faktor internal dan ekternal ternyata faktor internal (72,4%) memberikan dukungan lebih besar dibandingkan faktor eksternal (70,2%). Ditinjau dari tiap-tiap indikator minat berwirausaha untuk faktor internal dan eksternal diketahui bahwa dukungan paling tinggi diberikan oleh peluang (77,3%), kemudian diikuti oleh pendapatan (76,6%), perasaan senang (76,1%), pendidikan (75,0%), masyarakat (69,5%), keluarga (62,9%) yang telah termasuk kategori tinggi sedangkan yang paling rendah yaitu harga diri (61,6%) yang masuk dalam kategori cukup tinggi.
Mengacu dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan simpulan yaitu minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang termasuk tinggi yaitu sebesar 81,25%. Dukungan paling tinggi diberikan oleh faktor peluang yaitu sebesar 77,3%. Adapun saran yang dapat penulis diajukan yaitu kepada pihak lembaga khususnya Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang yaitu untuk meningkatan kualitas pengajaran khususnya pada mata kuliah praktek, dan dapat menyediakan fasilitas (sarana dan prasarana) yang mendukung wirausaha.

Download

Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang , 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets