Minat Siswa Terhadap Olahraga Bola Voli Di SMP N I Larangan Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2006/2007

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (35 votes cast)

Skripsi Jurusan ilmu keolahragaan: Minat Siswa Terhadap Olahraga Bola Voli Di SMP N I Larangan Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2006/2007

Adi Yuniar. 2007. Skripsi ilmu keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswaterhadap olahraga bola voli dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswaterhadap olahraga bola voli di SMP N 1 Larangan kabupaten Brebes.

Metode yang digunakan yaitu metode survey dan data yang digunakanmenggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswaSMP N I Larangan kelas I. Pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan teknik total sampling. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas I SMP N I Larangan dengan jumlah 120 siswa. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Dalam instrumentersebut terdapat tiga variabel yang diteliti yaitu: 1). Ketertarikan; 2). Perhatian;dan 3). Kebutuhan. Sebelum angket atau kuesioner disebarkan ke siswa angketatau kuesioner tersebut telah diuji cobakan terlebih dahulu ke siswa kelas Ikhususnya kelas Ia SMP N I Larangan. Tujuan utama dari uji coba tersebut yaituuntuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari angket tersebut. Dari ke-35 soalyang diuji cobakan 30 soal dinyatakan valid dan semua soal dinyatakan reliabel.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa minat siswa SMP N ILarangan terhadap olahraga bola voli sebagai berikut: 1). Minat atas dasarketertarikan dengan prosentase 81.49% (rasa senang 90.83%, keingintahuan78.49%); 2). Minat atas dasar perhatian dengan prosentase 70.69% (pemahaman70.83%, perangsangan 70.28%); 3). Minat atas dasar kebutuhan denganprosentase 70.52% (keinginan akan sesuatu 73.89%, fasilitas 73.61%, keinginanmengerjakan sesuatu 71.57%, fisiologi 60.28%); dan rata-rata minat mencapai73.53%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa olahraga bolavoli sebagai salah satu cabang olahraga permainan yang diminati.
Sesuai dengan hasil yang diperoleh penulis menganjurkan untuk pelatihatau guru olahraga untuk memperhatikan faktor ketertarikan, perhatian dankebutuhan terhadap olahraga bola voli karena faktor tersebut memberi sumbanganyang besar terhadap minat siswa SMP N I Larangan pada olahraga bola voli agarsiswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang akandiadakan.

Download

Minat Siswa Terhadap Olahraga Bola Voli Di SMP N I Larangan Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2006/2007, 4.7 out of 5 based on 35 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets