Miniatur Sistem Kendali Lampu Reklame Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) CPM-1.

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (129 votes cast)

Tugas Akhir D-III Teknik Mesin : Miniatur Sistem Kendali Lampu Reklame Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) CPM-1.

Lambang Setyo Utomo. 2004.Tugas Akhir D-III Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Seiring dengan Kemajuan teknologi dewasa ini telah berkembang sistemkendali dengan menggunakan Programmable Logic Controller (PLC). Pada saat initelah banyak jenis – jenis papan reklame maka timbul pemikiran untuk membuatsistem pengendali yang menggunakan PLC. Dengan menggunakan sistem tersebutsehingga meningkatkan daya jual hasil produksi yang dipromosikan. Tujuan dalampenulisan tugas akhir ini adalah pengendalian lampu reklame yang dikendalikandengan PLC dan diaplikasikan dengan miniature sistem pengendaliaan lampureklame.

Pada sistem kendali PLC terdiri dari beberapa komponen atau peralatanyang menunjang untuk mengendalikan suatu miniatur lampu reklame. Untuk inputdan outputnya yang ada pada lampu reklame ini harus ada, dan timbul permasalahanbagaimana membuat sistem kendali lampu reklame dengan baik dan efisiendibanding dengan sistem kendali yang konvensional. Cara kerja alat ini adalahminiatur lampu reklame yang dikendalikan dengan PLC, sesuai mode nyalalampu.berdasarkan program software CPU PLC yang dikehedaki yaitu mode 1 nyalalampu berurutan dari tengah menuju samping kanan dan samping kiri, mode 2 nyalalampu berurutan dari samping kanan dan kiri menuju ke tengah. Hasil yang akandicapai dalam Tugas Akhir ini adalah membuat suatu miniatur atau simulasi sistemkendali lampu reklame, yang nantinya dapat digunakan sebagai sarana praktek dalam
memahami sistem kendali khususnya menggunakan sistem kendali berbasisProgrammable Logic Controller. Sehingga sistem kendali alat ini dapat dipahamidan dipraktekkan oleh khalayak umum. Sistem kendali lampu reklame ini dibuatbertujuan untuk penerangan keindahan kota dengan penerangan ini maka kota – kotadapat dihiasi dengan berbagai macam bentuk dan nyala lampu dan dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang dipasang dipusat kota.

Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan PLC lebih mudah dan praktis. dibandingkan dengan menggunakan sistem kendali konvensional Magnetic contactor. Dalam memprogram PLC harus memperhatikan langkah-langkah tertentu yang tidak bisa diabaikan. Saran dalam merencana suatu rangkaian kontrol tidak hanya membuat rangkaian yang baru, tetapi dapat juga mengembangkan rangkaian yang sudah ada sehingga diharapkan hasilnya lebih sempurna.

Download

Miniatur Sistem Kendali Lampu Reklame Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) CPM-1., 4.8 out of 5 based on 129 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets