MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP N 5 SEMARANG POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN PELAJARAN 2006/2007

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Matematika : MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP N 5 SEMARANG POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Fitri Yuni Astiti . 2007. Skripsi. JURUSAN Matematika FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep dalam mata pelajarn matematika merupakan salah satu factor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan yang memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Salah satu pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran berbasis masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP pokok bahasan bangun ruang sisi datar”. Lebih spesifik tujuan dari penelitian adalah : (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar, (2) untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dan dan kegiatan mengajar guru dalam usaha untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

Sintaks pembelajaran berbasis masalah terdiri dari 5 tahap . Tahap 1: Mengoriantasi siswa pada masalah, Tahap 2 : Mengorganisasi siswa untuk belajar, Tahap 3 : Membimbing penyelidikan individual dan kelompok, Tahap 4 : Mengembangkan dan meyajikan hasil karya, tahap 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Setting penelitian adalah SMP N 5 Semarang dengan subyek penelitian adalah kelas VIII B yang berjumlah 42 siswa (18 siswa putra dan 24 siswa putri). Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tahapan tiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajarn berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I belum menunjukkan hasil yang optimal dalam meningkatkan hasil belajar, oleh karena itu dilakukan siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan antara lain : Pada siklus I yang tuntas belajar sebanyak 32 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal 76,19% denagn niali rata-rata kelasnya 76,36 dan pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas adalah 35 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal 88,1% dengan nilai rata-rata kelasnya 81,7 %. Aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan setiap siklusnya, dari 61,1% pada siklus pertama menjadi 72,2% pada siklus kedua. Hopotesis tindakan dan indikator kinerja telah tercapai sehingga tidak prlu dilaksanakan siklus selanjutnya.
Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 5 Semarang sub pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok tahun pelajaran 2006/2007, (2) Dengan model pembelajaran berbasis masalah aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Saran dari penelitian ini adalah : (1) Meskipun penelitian tindakan kelas ini hanya sampai 2 siklus dan sudah mencapai hipotesis tindakan, namun guru hendaknya terus mengadakan penelitian selanjutnya agar kemampuan siswa lebih meningkat lagi, (2) Siswa dibiasakan untuk belajar kelompok dalam menyelesaikan masalah atau tugas tertentu bagi vkeberhasilan belajarnya. Karena belajar kelompok merupakan cara yang efektif untuk melatih sifat kesosialan siswa, antara lain : menghargai pendapat teman, memberikan keempatan berbicara kepada teman, tidak menang sendiri dan saling membantu, (3) Siswa perlu dilatih untuk berani mengemukakan pendapat di depan teman-temannya dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapat/idenya. Setiap pelaksanaan tugas kelompok beberapa siswa sebagai perwakilan menyajikan hasil karya kelompoknya dan menjelaskannya di depan kelas ( presentasi).

Download

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP N 5 SEMARANG POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR TAHUN PELAJARAN 2006/2007 , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets