Motivasi Dan Keterlibatan Penonton Dalam Pertunjukan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan Sendratasik: Motivasi Dan Keterlibatan Penonton Dalam Pertunjukan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan

Aguswati. 2007. Skripsi Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Tayub merupakan kesenian tradisional kerakyatan yang hidup secara turun temurun. Kesenian Tayub hidup dan berkembang di daerah-daerah pedesaan yang masyarakatnya berkehidupan sebagai petani, seperti di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Desa Tunggak merupakan salah satu desa yang masyarakatnya mempunyai antusias tinggi terhadap Tayub. Hal ini terlihat setiap ada pertunjukan Tayub selalu sukses dengan kehadiran penonton yang tumpah ruah. Berdasarkan kenyataan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui motivasi penonton dan bagaimana keterlibatan penonton dalam pertunjukkan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui, memahami dan menjelaskan tentang motivasi dan keterlibatan penonton dalam pertunjukan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif (Miles dan Huberman, 1992) dengan menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.
Temuan dalam penelitian ini: (1) Yang memotivasi penonton dalam menikmati pertunjukan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan dikategorikan menjadi dua yaitu faktor dari dalam (faktor internal) dan faktor dari luar (faktor eksternal). Faktor internal yang memotivasi penonton adalah kesenangan/hoby, keinginan untuk mengibing dan keinginan untuk berinteraksi sosial. Faktor eksternal yang memotivasi penonton adalah lingkungan dan tradisi atau adat istiadat. (2) Keterlibatan penonton dalam pertunjukan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan merupakan partisipan yang terlibat atau ikut berperan serta baik sebagai pemain dalam pertunjukan Tayub yaitu sebagai pengibing atau penayub yang menari bersama ledhek maupun sebagai penikmat.
Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1) Group Tayub sebaiknya memperpanjang waktu pertunjukan dengan memulai lebih awal agar penonton lebih puas dalam menikmati pertunjukan. (2) Pengarih sebaiknya mengurangi jumlah pengibing tiap kelompok agar lebih leluasa dalam melakukan gerak tarinya. (3) Petugas pengambil gambar video sebaiknya jangan terlalu dekat dengan pengibing agar tidak mengganggu pengibing dan penonton dalam menikmati pertunjukan. (4) Bagi peneliti selanjutnya perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengungkap aspek-aspek yang lain dalam pertunjukan Tayub.

Download

Motivasi Dan Keterlibatan Penonton Dalam Pertunjukan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan , 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Motivasi Dan Keterlibatan Penonton Dalam Pertunjukan Tayub di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan”

  • Widodo
    17 October, 2013, 16:05

    Banyak yang mabok ampe teparrr…

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets