Mutu Proses Belajar Mengajar dengan Penerapan Strategi TANDUR pada Kajian Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 2 Mandiraja Banjarnegara

This item was filled under [ Pendidikan Biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan biologi: Mutu Proses Belajar Mengajar dengan Penerapan Strategi TANDUR pada Kajian Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 2 Mandiraja Banjarnegara

Eko Rudiono. 2006. Skripsi biologi, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Dari hasil observasi yang dilakukan di kelas II SMP N 2 Mandiraja diketahui bahwa siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan kondisi pembelajaran yang monoton, karena lebih sering menerapkan strategi ceramah. Monotonnya proses pembelajaran disebabkan guru kesulitan dalam merancang strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Oleh karena itu guru perlu dibantu merancang strategi pembelajaran yang inovatif, menarik dan dapat mengaktifkan siswa. Strategi pembelajaran TANDUR dirancang bersama guru dan diterapkan dalam proses pembelajaran kajian sistem ekskresi yang telah berlangsung. Dari faktor utama tersebut, maka perlu diteliti bagaimana mutu proses belajar mengajar yang menerapkan strategi TANDUR pada kajian sistem ekskresi manusia.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas II D SMP N 2 Mandiraja yang berada di jalan raya Purwasaba-Simbang Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada kajian sistem ekskresi manusia tahun pelajaran 2004-2005. Data hasil penelitian ini diolah dengan metode deskriptif kualitatif persentase.
Kegiatan pembelajaran dengan strategi TANDUR yang telah dilaksanakan secara umum berjalan baik. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa mutu hasil belajar pemahaman konsep dinilai lebih dari cukup (73,5), mutu hasil belajar kerja ilmiah dinilai cukup (64,9), mutu aktivitas siswa dinilai baik (80,4) dan mutu kinerja guru dinilai istimewa (96,9). Dari empat aspek yang telah ditentukan hasil belajar aspek kerja ilmiah belum bisa tercapai secara optimal. Hal ini terjadi karena pembelajaran ketrampilan proses ilmiah memerlukan waktu yang lama sebagaimana pendapat Sudjana (1989) yang menyatakan bahwa pengembangan suatu ketrampilan memerlukan proses yang panjang.
Mutu proses belajar mengajar yang telah berlangsung adalah baik dengan nilai 78,9. Untuk mencapai hasil yang lebih optimal, maka dalam penerapan pembelajaran strategi TANDUR ini diperlukan beberapa perbaikan, antara lain dengan menambah tingkat kesukaran soal pada LKS, memberikan contoh yang lebih autentik dalam setiap permasalahan yang disajikan, memberikan bimbingan dan latihan ketrampilan proses ilmiah yang lebih intensif.

Download

Mutu Proses Belajar Mengajar dengan Penerapan Strategi TANDUR pada Kajian Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 2 Mandiraja Banjarnegara, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets