Novela Kusamnya Langit Dini Hari Karya Mayoen Soetrisno dan Realitas Sosial Dalam Tinjauan Gender

This item was filled under [ Sosiologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan sosiologi dan antropologi: Novela Kusamnya Langit Dini Hari Karya Mayoen Soetrisno dan Realitas Sosial Dalam Tinjauan Gender

NARSITI, 2007. Skripsi sosiologi dan antropologi, Fakultas Ilmu Soaial, Universitas Negeri Semarang.

Fenomena-fenomena sosial yang ada di dalam masyarakat banyak macamnya, mulai dari masalah politik, kriminalitas, gender, hukum, kemiskinan, dan lain sebagainya. Fenomena-fenomena tersebut tidak semata-mata muncul dalam kehidupan nyata manusia. Dalam sastra pun, fenomena semacam itu muncul. Sebagai realitas sosial, sastra banyak yang mengangkat tema gender. Sehingga banyak sekali permasalahan gender dalam masyarakat, muncul juga dalam sastra.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah dalam novela Kusamnya Langit Dini Hari karya Mayoen Soetrisno menggambarkan bias gender?, (2) Bagaimana fenomena bias gender dalam novela Kusamnya Langit Dini Hari karya Mayon Soetrisno dilihat dari teori ketidakadilan gender?, (3) Bagaimanakah hubungan fenomena bias gender pada novela Kusamnya Langit Dini Hari karya Mayon Soetrisno dengan realitas sosial masyarakat? Sumber data dalam penelitian ini adalah sebuah novela yang berjudul Kusamnya Langit Dini Hari karya Mayoen Soetrisno. Fokus penelitian ini adalah teks sastra dalam novela Kusamnya Langit Dini Hari karya Mayoen Soetrisno yang mengandung aspek bisa gender. Sumber data diperoleh dari novela Kusamnya Langit Dini Hari karya Mayoen Soetrisno dengan cara studi pustaka, membaca, memilah, dan pendokumentasian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis tekstual dan kontekstual dengan pendekatan teori gender, sosiolinguistik dan sosiologi sastra.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novela Kusamnya Langit Dini Hari karya Mayoen Soetrisno terdapat teks-teks yang menunjukkan adanya aspek bias gender yaitu bias gender dalam hukum dan peranan. Dalam penelitian ini juga ditemukan adanya ketidakadilan gender dan keterkaitan antara fenomena bias gender dalam sastra dengan realitas sosial yang ada dalam amsyarakat. Simpulan yang dihasilkan adalah bahwa dalam sastra masih ada bentuk-bentuk bias gender, ketidakadilan gender yang mana hal tersebut termanifestasikan juga dalam realitas sosial masyarakat.
Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi para penentu kebijakan khususnya pemerintah, diharapkan dalam menentukkan kebijakan-kebijakan pembangunan hendaknya yang tidak memihak pada salah satu gender tertentu. Bagi masyarakat diharapkan lebih tanggap terhadap kasus-kasus kekerasan atau tindak pelecehan, penganiayaan, dan yang sejenisnya yang menimpa kaum perempuan. Bagi para penulis sastra diharapkan mengadakan gebrakan baru terhadap genre sastra.

Download

Novela Kusamnya Langit Dini Hari Karya Mayoen Soetrisno dan Realitas Sosial Dalam Tinjauan Gender, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets