OPTIMASI BERSYARAT DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLIER LAGRANGE DAN APLIKASINYA PADA BERBAGAI KASUS DALAM BIDANG EKONOMI

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (30 votes cast)

skripsi JURUSAN Matematika: OPTIMASI BERSYARAT DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLIER LAGRANGE DAN APLIKASINYA PADA BERBAGAI KASUS DALAM BIDANG EKONOMI

Rochamad Ridwan 2006. Skripsi.JURUSAN Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang 2006

Sering kali kita diharuskan untuk mengoptimumkan suatu fungsi, tetapi ada syarat yang harus dipenuhi. Dengan kata lain fungsi yang hendak dioptimumkan menghadapi suatu kendala (constraint). Kasus optimasi bersyarat semacam ini banyak dijumpai dalam bidang ekonomi. Misalnya seseorang hendak memaksimumkan utilitas, atau tingkat kepuasannya tetapi terikat pada fungsi pendapatan, atau sebuah perusahaan yang ingin memaksimumkan labanya namun terikat pada fungsi produksi. Untuk menentukan nilai optimum kasus tersebut kita dapat menggunakan Multiplier Lagrange, yakni dengan membentuk sebuah fungsi baru yang merupakan penjumlahan dari fungsi yang hendak dioptimumkan di tambah hasil kali pengganda Lagrange ? dengan fungsi kendalanya.

Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana mencari nilai optimum suatu fingsi dengan kendala fungsi lain dengan menggunakan Multiplier Lagrange serta Bagaimana menerapkan optimasi bersyarat menggunakan Multiplier Lagrange dalam kasus (contoh) khususnya dalam bidang ekonomi. Sedangkan tujuan penulisan skripsi ini adalah menentukan nilai optimum suatu fungsi dengan kendala fungsi lain dengan menggunakan Multiplier Lagrange, serta menerapkan metode tersebut untuk menyelesaikan berbagai kasus (contoh) yang berhubungan dengan optimasi bersyarat khususnya dalam bidang ekonomi.
Penelitian ini dilakukan melalui tinjauan pustaka terhadap buku-buku atau literatur yang terkait dengan permasalahan yang diangkat. Dari tinjauan pustaka tersebut, kemudian dibahas materi-materi yang terkait dengan permasalahan tersebut secara mendalam.
Berdasarkan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa dalam langkah-langkah mentukan nilai ekstrim bersyarat dengan metode Multiplier Lagrange syarat perlu bagi masalah optimasi tanpa kendala masih bisa diterapkan untuk optimasi dengan kendala. Sedangkan untuk mengetahui sifat fungsi Lagrange pada nilai kritisnya digunakan matriks Hessian Berkendala (Bordered Hessian).
Contoh penerapan Multiplier Lagrange dalam bidang ekonomi adalah menentukan keseimbangan konsumsi dan keseimbangan produksi. Keseimbangan konsumsi artinya suatu keadaan atau tingkat kombinasi konsumsi beberapa macam barang yang memberikan kepuasan optimum. Sedangkan keseimbangan produksi artinya suatu keadaan atau tingkat penggunaan kombinasi faktor-faktor produksi secara optimum, yakni suatu tingkat pencapaian produksi dengan kombinasi biaya terendah ( least cost combination)

Download

OPTIMASI BERSYARAT DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLIER LAGRANGE DAN APLIKASINYA PADA BERBAGAI KASUS DALAM BIDANG EKONOMI , 4.9 out of 5 based on 30 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets